Kompas.com - 20/08/2015, 11:06 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sebagai perangkat flagship untuk kategori "phablet", sudah barang tentu Galaxy Note 5 dilengkapi dengan aneka jeroan terkini dari Samsung.

Sebut saja prosesor octa-core 64-bit Exynos 7420 (4 inti 2,1 GHz dan 4 inti 1,5 GHz), RAM 4GB, dan kapasitas media penyimpanan 32GB dan 64GB.

Deretan spesifikasi itu termasuk yang paling tinggi untuk sekarang dan terlihat cukup menjanjikan. Saat KompasTekno menjalankan software benchmark AnTuTu 64-bit pada unit sample Galaxy Note 5 yang diperoleh dari acara peluncuran di New York, AS, terlihat bahwa perangkat ini mampu mencetak skor di kisaran angka 69.000.

Catatan nilai tersebut berada jauh di atas model sebelumnya, Galaxy Note 4, serta sebanding dengan yang diperoleh smartphone Samsung seri Galaxy S6. Hal ini tidak mengherankan, mengingat chip SoC yang digunakan sama (Exynos 7420), seperti terlihat dari hasil penelurusan dengan aplikasi CPU-Z.

Chip Exynos 7420 merupakan model octa-core 64-bit dengan delapan buah inti CPU (core) yang terdiri dari 4 core 2,1 GHz berkecepatan tinggi dan 4 core 1,5 GHz hemat daya.

Sebelumnya memang ada rumor bahwa Galaxy Note 5 akan memakai chip jenis baru, tapi perkiraan tersebut kemudian tidak terbukti.

Skor benchmark AnTuTu cukup memberi gambaran bahwa Galaxy Note 5 memiliki kinerja lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari. Dalam kenyataannya, memang itu pula yang dirasakan oleh KompasTekno.

Oik Yusuf/ Kompas.com Nilai benchmark AnTuTu untuk Galaxy Note 5

Dengan prosesor berkecepatan tinggi dan RAM sebesar 4GB, bisa dibilang perangkat ini mampu berjalan dengan sangat mulus tanpa hambatan sama sekali, termasuk ketika menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

Galaxy S6 Edge Plus seharusnya memiliki kinerja identik dengan Galaxy Note 5 karena keduanya memiliki deretan hardware yang serupa, dengan sedikit pengecualian di bagian layar dan ketersediaan perangkat input berupa stylus.

Konsumen Indonesia yang penasaran ingin menjajal harus berasabar menunggu karena belum ada informasi jadwal kehadiran perangkat ini di Tanah Air. Harganya pun masih belum ditetapkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.