BBM Disebut Lebih Aman Dipakai Ketimbang WhatsApp

Kompas.com - 20/08/2015, 17:05 WIB
Nader Henein, BlackBerry Security Director Deliusno/Kompas.comNader Henein, BlackBerry Security Director
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - BlackBerry mengklaim aplikasi chatting BlackBerry Messenger (BBM) punya sebuah fitur yang tidak dimiliki oleh kompetitor, semisal WhatsApp. Fitur seperti apa?

Menurut Nader Henein, BlackBerry Security Director, BBM memiliki fitur perlindungan privasi yang lebih baik ketimbang WhatsApp. Meski sama-sama bisa digunakan untuk mengirimkan pesan teks, Nader mengklaim layanan BBM lebih bisa menjaga privasi penggunanya.

Salah satu contohnya, pengguna BBM harus terhubung atau saling menambahkan teman ke daftar kontak untuk mulai chatting. Untuk menambah teman, pengguna BBM bisa bertukar personal identification number (PIN).

Sementara itu, pengguna WhatsApp sudah bisa menambahkan daftar teman hanya dengan menambah nomor telepon ke "buku telepon" atau daftar kontak di ponsel.

"Anda tentu tidak ingin chat dengan semua teman yang ada di daftar kontak setiap hari. Anda juga tentunya tidak ingin semua orang melihat update status dan foto. BBM hanya terkoneksi dengan orang yang Anda inginkan," ujar Nader kepada KompasTekno di Jakarta, Rabu (19/8/2015).

"Anda akan memperlihatkan kehidupan kepada yang diinginkan saja," lanjutnya.

Lebih lanjut, Nader juga menceritakan kemampuan security atau keamanan yang dimiliki oleh BBM. Ia mengungkapkan bahwa pesan BBM yang dikirimkan ke pengguna lain pasti akan diacak atau di-scrambled di server. Jika ada peretas yang bisa masuk ke server, tentunya akan menemukan pesan teracak tersebut.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika masih merasa belum puas dengan keamanan tersebut, Nader menawarkan sebuah BBM berbayar yang dinamakan "BBM Protected". Aplikasi versi ini dikatakan memiliki enkripsi kelas tinggi yang sulit ditembus peretas.

"Kami juga menawarkan BBM Protected, sebuah layanan yang memiliki kemampuan enkripsi sekelas militer," pungkasnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X