Perkuat Bisnis Online, Pemerintah Diminta Perhatikan 5 Hal

Kompas.com - 21/08/2015, 09:59 WIB
Head of Corporate Communication Google Indonesia Jason Tedjakusuma Fatimah Kartini BohangHead of Corporate Communication Google Indonesia Jason Tedjakusuma
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Laporan penelitian dari Deloitte menunjukkan, pertumbuhan ekonomi nasional bisa naik dua persen jika UKM memaksimalkan akses maya. Sebagai salah satu perusahaan teknologi terkemuka, Google ingin turut andil memperkuat sektor tersebut.

Untuk itu beberapa program penunjang telah diluncurkan. Salah satunya bertajuk "Google Bisnisku".

"Ini semacam situs mini untuk membantu pelaku UKM mempromosikan bisnisnya lewat mesin pencari secara gratis," kata Head of Corporate Communication Google Indonesia Jason Tedjasukmana, Kamis (20/8/2015) di Hotel Aryaduta, Jakarta.

Namun, program-program Google tak serta-merta bisa mendompleng tren UKM online. Peran pemerintah sebagai regulator sangat dibutuhkan. Berdasarkan survey dan wawancara mendalam dengan pelaku UKM, Deloitte merumuskan lima rekomendasi untuk pemerintah.

1. Meningkatkan kualitas dan cakupan akses internet

Penggagas penelitian dan Partner Deloitte John O'Mahony mengatakan, akses internet di Indonesia masih dinikmati oleh segelintir orang. Kecepatannya pun belum maksimal untuk pengoperasian bisnis online lanjutan (e-commerce).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini diamini Jason. Menurutnya, masyarakat akan jauh lebih mudah mengadopsi mekanisme bisnis online jika pertama-tama akses internet diperkuat. "Masa depan bisnis berjalan di ranah online. Peningkatan kualitas broadband akan sangat membantu," katanya.

2. Membantu UKM offline untuk beralih ke online

Selama ini instansi-instansi pemerintahan telah menelurkan beberapa program yang mendukung bisnis online. Namun, berdasarkan hasil survei dan wawancara, masih banyak pihak yang merasa ada aturan-aturan yang tumpang tindih.

Untuk itu koordinasi antar-instansi pemerintahan diharapkan bisa beriringan. Sehingga para pelaku UKM yang masih berbasis offline lebih termotivasi dan termudahkan untuk beralih ke online

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.