Mirip Foursquare, Line Here Tak Cuma Buat Pamer Lokasi

Kompas.com - 21/08/2015, 15:38 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Line merilis aplikasi mobile terbarunya yang dinamakan Here. Menggunakan aplikasi itu, pengguna bisa berbagi lokasi dengan teman yang ada di daftar kontak secara real-time, mirip Foursquare yang kini bernama Swarm atau aplikasi check-in lainnya.

Meskipun begitu, aplikasi Here memiliki fungsi yang sedikit berbeda dari kebanyakan aplikasi berbagi lokasi lain. Fungsi Here lebih berfungsi sebagai alat bantu pengguna untuk memantau pergerakan atau lokasi teman berada.

Sementara itu, aplikasi berbagi lain, lebih ke arah sosial media, yakni ajang pamer lokasi kepada pengguna lain.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Next Web, Jumat (21/8/2015), Line Here membantu penggunanya untuk menemukan keberadaan keluarga dan teman atau saat kontak tiba di lokasi tertentu, tanpa harus bertanya melalui pesan singkat atau panggilan telepon.

Di aplikasi tersebut, pengguna bisa membuat sebuah sharing room untuk melihat semua lokasi anggota dalam grup tersebut. Dalam satu grup, pengguna bisa memasukkan 200 orang anggota.

Contoh penggunaannya seperti ini, jika Anda sedang membuat janji temu dengan beberapa orang, masukkan saja orang-orang tersebut dalam satu sharing room yang sama. Kemudian, pergerakan teman-teman akan terlihat dalam bentuk peta. Anda sudah tidak perlu menghubungi di mana lokasi teman berada, cukup lihat melalui peta yang ada di Line Here.

Line Pengguna bisa berbagi lokasi hingga 200 pengguna dalam satu sharing room

Pengguna pun bisa mengatur durasi berbagi lokasi. Fitur timer ini mengizinkan pengguna untuk berbagi lokasi bersama pengguna lain selama kurun waktu yang telah ditetapkan. Apabila waktu itu telah selesai, secara otomatis Line Here pengguna akan berhenti berbagi lokasi.

Satu fitur unik lainnya adalah alarm atau notifikasi. Pengguna bisa mengatur agar sistem memberikan notifikasi ketika satu teman atau keluarga yang didaftarkan tiba di lokasi tertentu. Contoh penggunaannya, orangtua bisa mengatur agar sistem berbunyi ketika anaknya sudah tiba di sekolah atau rumah.

Line Here sendiri dapat digunakan secara gratis. Untuk menggunakan aplikasi tersebut, pengguna bisa memakai akun Line atau Facebook. Aplikasi ini sudah tersedia di Indonesia untuk platform Android dan iOS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.