Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google akan Kurangi Aplikasi "Nganggur" di Android

Kompas.com - 22/08/2015, 14:33 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Saat pertama kali menyalakan ponsel Android baru, pengguna bisa menemukan sejumlah aplikasi bloatware yang belum tentu berguna. Sayangnya aplikasi seperti ini merupakan bawaan dan tetap mesti disimpan meski tidak dibutuhkan.

Sebut saja paket aplikasi Google yang selalu ditemukan di Android, yaitu Gmail, Google+, Newsstand, Drive, Hangouts, Play Games, dan lain sejenisnya. Dari beberapa nama yang disebutkan, tidak seluruhnya dibutuhkan pengguna namun harus dipasang karena perjanjian antara Google dengan produsen perangkat genggam.

Sebagai solusinya, seperti dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (21/8/2015), Google berniat untuk merampingkan paket aplikasi tersebut. Total ada empat aplikasi yang akan dihapus dari daftar, yaitu Play Games, Play Books, Google+ dan Newstand.

Dengan demikian produsen gadget sudah tidak wajib menginstal keempatnya di dalam perangkat Android mereka. Sedangkan pengguna yang memang membutuhkannya tetap bisa mengunduh melalui Play Store.

Paket aplikasi yang dimaksud sebenarnya merupakan titipan wajib. Jika suatu produsen ponsel ingin memasang layanan Google di Android buatannya, maka mereka harus memasang seluruh aplikasi buatan raksasa internet itu.

Dengan mengubah kebijakannya, Google memang membantu mengurangi bloatware atau aplikasi yang tak diinginkan dalam ponsel Android. Namun masalah belum selesai.

Umumnya aplikasi bloatware disematkan oleh para produsen sendiri atau sebagai akibat kerjasama bundling antara produsen dengan operator telekomunikasi.

Kebijakan yang diambil raksasa internet itu baru menyelesaikan masalah dari sisi mereka saja, sedangkan bloatware milik produsen ponsel atau operator masih belum terpecahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com