Google akan Kurangi Aplikasi "Nganggur" di Android

Kompas.com - 22/08/2015, 14:33 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Saat pertama kali menyalakan ponsel Android baru, pengguna bisa menemukan sejumlah aplikasi bloatware yang belum tentu berguna. Sayangnya aplikasi seperti ini merupakan bawaan dan tetap mesti disimpan meski tidak dibutuhkan.

Sebut saja paket aplikasi Google yang selalu ditemukan di Android, yaitu Gmail, Google+, Newsstand, Drive, Hangouts, Play Games, dan lain sejenisnya. Dari beberapa nama yang disebutkan, tidak seluruhnya dibutuhkan pengguna namun harus dipasang karena perjanjian antara Google dengan produsen perangkat genggam.

Sebagai solusinya, seperti dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (21/8/2015), Google berniat untuk merampingkan paket aplikasi tersebut. Total ada empat aplikasi yang akan dihapus dari daftar, yaitu Play Games, Play Books, Google+ dan Newstand.

Dengan demikian produsen gadget sudah tidak wajib menginstal keempatnya di dalam perangkat Android mereka. Sedangkan pengguna yang memang membutuhkannya tetap bisa mengunduh melalui Play Store.

Paket aplikasi yang dimaksud sebenarnya merupakan titipan wajib. Jika suatu produsen ponsel ingin memasang layanan Google di Android buatannya, maka mereka harus memasang seluruh aplikasi buatan raksasa internet itu.

Dengan mengubah kebijakannya, Google memang membantu mengurangi bloatware atau aplikasi yang tak diinginkan dalam ponsel Android. Namun masalah belum selesai.

Umumnya aplikasi bloatware disematkan oleh para produsen sendiri atau sebagai akibat kerjasama bundling antara produsen dengan operator telekomunikasi.

Kebijakan yang diambil raksasa internet itu baru menyelesaikan masalah dari sisi mereka saja, sedangkan bloatware milik produsen ponsel atau operator masih belum terpecahkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.