Kompas.com - 22/08/2015, 16:40 WIB
|
EditorWicak Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai penyedia layanan internet, PT Internux (Bolt) sejatinya tidak bisa memberikan fungsi telepon pada pelanggannya. Tapi Oktober mendatang hal tersebut bisa berubah.

Chief Technology Officer Bolt Devid Gubiani mengatakan mereka sudah selesai membuat sebuah software rich communication suite (RCS) bernama BoltTalk. Pada Oktober nanti, semua ponsel Powerphone akan di-update supaya bisa menggunakan BoltTalk untuk menelepon.

Kendati bisa dipakai melakukan panggilan suara, sebenarnya telepon yang dimaksud berbeda dibanding layanan milik operator telekomunikasi. Bolt tidak memiliki izin untuk menggelar layanan suara, izin mereka hanya untuk layanan data saja.

BoltTalk merupakan software layanan Voice over LTE (VoLTE). Dengan demikian panggilan suara dilakukan melalui koneksi data atau internet.

"Seperti Skype atau WhatsApp Call saja. Tapi kami menggunakan VoLTE jadi suaranya lebih jelas, high definition. Beda dengan voice over internet protocol (VoIP) biasa, dengan teknologi ini bisa mendapat prioritas di jaringan," pungkasnya saat ditemui usai peluncuran program bundling Bolt dengan Samsung Galaxy J5, Jumat (21/8/2015).

"Oktober atau November nanti kami akan rilis update supaya semua Bolt Powerphone lama bisa dipakai telepon," imbuhnya.

BoltTalk bisa dipakai untuk menelepon pengguna layanan telekomunikasi lain baik di dalam maupun di luar negeri. Harga layanannya pun diklaim murah.

"Bentuk tarifnya berupa paket, dan murah. Bayangkan, menggunakan ini kamu bisa menelepon ke Amerika Serikat selama 20 menit, dengan harga Rp 3.000,"  

Selain panggilan suara, aplikasi tersebut juga bisa dipakai untuk berkirim pesan atau gambar. Aplikasi BoltTalk kini sudah tersedia dan bisa diunduh di Google Play Store.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.