Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oktober, Bolt Bisa Dipakai Telepon

Kompas.com - 22/08/2015, 16:40 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai penyedia layanan internet, PT Internux (Bolt) sejatinya tidak bisa memberikan fungsi telepon pada pelanggannya. Tapi Oktober mendatang hal tersebut bisa berubah.

Chief Technology Officer Bolt Devid Gubiani mengatakan mereka sudah selesai membuat sebuah software rich communication suite (RCS) bernama BoltTalk. Pada Oktober nanti, semua ponsel Powerphone akan di-update supaya bisa menggunakan BoltTalk untuk menelepon.

Kendati bisa dipakai melakukan panggilan suara, sebenarnya telepon yang dimaksud berbeda dibanding layanan milik operator telekomunikasi. Bolt tidak memiliki izin untuk menggelar layanan suara, izin mereka hanya untuk layanan data saja.

BoltTalk merupakan software layanan Voice over LTE (VoLTE). Dengan demikian panggilan suara dilakukan melalui koneksi data atau internet.

"Seperti Skype atau WhatsApp Call saja. Tapi kami menggunakan VoLTE jadi suaranya lebih jelas, high definition. Beda dengan voice over internet protocol (VoIP) biasa, dengan teknologi ini bisa mendapat prioritas di jaringan," pungkasnya saat ditemui usai peluncuran program bundling Bolt dengan Samsung Galaxy J5, Jumat (21/8/2015).

"Oktober atau November nanti kami akan rilis update supaya semua Bolt Powerphone lama bisa dipakai telepon," imbuhnya.

BoltTalk bisa dipakai untuk menelepon pengguna layanan telekomunikasi lain baik di dalam maupun di luar negeri. Harga layanannya pun diklaim murah.

"Bentuk tarifnya berupa paket, dan murah. Bayangkan, menggunakan ini kamu bisa menelepon ke Amerika Serikat selama 20 menit, dengan harga Rp 3.000,"  

Selain panggilan suara, aplikasi tersebut juga bisa dipakai untuk berkirim pesan atau gambar. Aplikasi BoltTalk kini sudah tersedia dan bisa diunduh di Google Play Store.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com