Kompas.com - 23/08/2015, 17:25 WIB
|
EditorWicak Hidayat
SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Mencermati pidato utama (keynote) yang disampaikan CEO Intel, Brian Krzanich di ajang Intel Developer Forum (IDF) 2015 di San Francisco, AS, Selasa (18/8/2015), menunjukkan paradigma Intel yang semakin mengarah ke industri mobile dan wearable.

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, sesi keynote atau yang tahun ini disebut dengan Mega Session lebih banyak mengetengahkan tema-tema seperti Internet of Things (IoT), Gaming, atau teknologi seluler 5G.

Sementara tema-tema tentang PC/hardware diadakan di sesi-sesi yang lebih kecil di luar keynote atau Mega Session, bukan di panggung utama acara yang digelar di Moscone Center tersebut.

Pengembangan teknologi Intel ke depannya juga telah ditekankan Krzanich akan mengarah ke hal-hal seperti sensification (teknologi berbasis sensor), interkoneksi, dan gadget/wearable yang menjadi cerminan penggunanya.

Pendekatan pengembangan teknologi Intel yang lebih mengarah mobile memang tidak salah, sebab pasar mobile dan wearable diprediksi akan terus tumbuh hingga 2020 mendatang.

Bahkan, lembaga analis IDC memprediksi pasar perangkat wearable akan tumbuh sebesar 173 persen di tahun 2015 ini.

Usaha Intel untuk masuk ke pasar mobile dan wearable sebenarnya sudah dimulai pada 2013 lalu saat prosesor mobile-nya Intel Atom digunakan di perangkat smartphone Lenovo K900 dan Asus Zenfone.


Bersaing dengan pemain lama

Mengingat persaingan di pasar mobile dan wearable yang begitu sengit, dengan kondisi Google dan Apple menjadi pemain besar yang telah hadir lebih dahulu di segmen ini, mampukah Intel mengejar ketertinggalan dan berkompetisi dengan pesaing-pesaingnya?

Kembali ke pidato utama Krzanich di pembukaan IDF 2015, Krzanich banyak mendemokan teknologi-teknologi Intel yang dibuat dengan perusahaan rekanannya, seperti gelang pintar, cermin pintar, jam tangan pintar, dan sebagainya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.