Kompas.com - 24/08/2015, 09:07 WIB
|
EditorReza Wahyudi
SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Dari beberapa peranti wearable gadget yang diumumkan Intel di ajang Intel Developer Forum 2015, terdapat gelang pintar yang menurut Intel bisa menggantikan password komputer.

Gelang tersebut disebut oleh CEO Intel Brian Krzanich dalam pidato utamanya di ajang IDF 2015 San Francisco, Selasa (18/8/2015), bisa dipakai untuk mengakses komputer (log in) dengan sistem operasi Windows 10.

Komputer akan langsung menyala dari mode sleep/standby begitu merasakan kehadiran gelang pintar tersebut dalam jarak tertentu.

Bagaimana jika gelang tersebut dipakai oleh orang lain? Ternyata jika gelang tadi dilepas dan dipakai lagi, maka masih ada proses autentikasi yang harus dilakukan dengan password yang harus diketik.

"Ini dimungkinkan dengan teknologi Bluetooth dengan daya rendah, ID IQ Intel dan TrueKey," ujar Krzanich di hadapan para developer yang hadir di Moscone Center.

Gelang pintar tersebut dikenalkan Intel sebagai bagian dari upaya perusahaan memberikan pengalaman yang lebih personal kepada penggunanya.

Selain gelang pintar, Intel juga telah mengumumkan kerja sama dengan produsen jam tangan fashion Fossil untuk membuat smartwatch.

Gelang pintar ini bukan yang pertama dibuat oleh Intel. Tahun lalu, Intel bekerja sama dengan produsen aksesori MICA membuat perangkat gelang pintar mewah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.