Kompas.com - 26/08/2015, 13:01 WIB
Ukuran lebih besar turut berimbas pada tampilan yang lebih besar juga, termasuk tampilan teks dan elemen-elemen gambar pada saat browsing. Ini membuat iPhone 6 Plus lebih nyaman dipakai menikmati konten ketimbang para pendahulunya. oik yusuf/ kompas.comUkuran lebih besar turut berimbas pada tampilan yang lebih besar juga, termasuk tampilan teks dan elemen-elemen gambar pada saat browsing. Ini membuat iPhone 6 Plus lebih nyaman dipakai menikmati konten ketimbang para pendahulunya.
|
EditorReza Wahyudi
SEMARANG, KOMPAS.com  - Seiring implementasi teknologi 4G LTE Advanced, Smartfren membuka diri agar layanan mereka bisa dipakai di berbagai ponsel. Salah satunya adalah, iPhone buatan Apple.

Jaringan 4G LTE Advanced yang dipakai Smartfren merupakan gabungan teknologi berbasis time division duplex (TDD) di frekuensi 2.300 MHz dan frequency division duplex di frekuensi 850 MHz.

Internet cepat itu bisa dipasangkan dengan berbagai handset yang mendukung dua jaringan di atas. Ini berbeda dengan dengan saat internet Smartfren masih menggunakan jaringan CDMA, layanan hanya bisa dipakai handset tertentu (Andromax).

"iPhone ini sudah mendukung TDD 2.300 MHz an FDD 850 MHz, tapi memang belum bisa voice over LTE (VoLTE)," terang Chief Brand Officer Smartfren Roberto Saputra sambil memegang iPhone 6 miliknya, usai Uji Jaringan Smartfren 4G LTE Advanced di Semarang, Selasa (25/8/2015).

Di masa yang akan datang, Roberto mengakui Smartfren akan menjalin kerja sama dengan berbagai vendor ponsel sehingga layanan mereka bisa dipakai lebih banyak orang. Beberapa diantaranya adalah Apple, Samsung, dan HiSense.

Kerja sama tersebut bertujuan membangun ekosistem 4G LTE dari sisi ketersediaan perangkat. Terutama karena saat ini kebanyakan handset sudah mendukung frekuensi 850 MH, namun tidak banyak yang mendukung 2.300 MH.

"Mungkin saja (dengan Apple). Karena ke depan, kami akan membangun ekosistem bersama para produsen ponsel. Saat ini kami sudah membicarakannya dengan sejumlah merek besar," ujar Roberto.

"Kerja sama open market seperti ini memang ada syarat-syarat khusus, tapi lebih pada soal dukungan terhadap frekuensi Smartfren. Kalau soal desain atau ketentuan prosesor sih tidak," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.