Kompas.com - 27/08/2015, 14:49 WIB
|
EditorLatief

KOMPAS.com – Seminggu berlalu tak membuat semangat nasionalisme dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Repulik Indonesia ke-70 tahun surut. Momentum perayaannya masih terasa hingga menjelang Agustus berlalu. Tak terkecuali oleh para netizen, yang juga larut dalam euforia peringatan tersebut.

Perilaku netizen itu rupanya terjadi akibat pengaruh penyedia layanan internet. Kilas balik saat perayaan hari kemerdekaan pada 17 Agustus 2015 lalu, penyedia layanan internet  merayakannya dengan beragam cara, mulai memasang tema warna merah putih yang khas hingga berbagai posting di media sosial. 

Situs pencarian Google

Seperti biasanya, Google selalu menggunakan tema-tema khusus pada lamannya untuk menyambut perayaan nasional ataupun internasional. Saat hari kemerdekaan, Google sebagai mesin pencari web menerapkan pemakaian warna merah putih yang dilengkapi dengan gambar Tugu Proklamasi pada laman berandanya.

Hal menariknya, ketika Anda melakukan pencarian di Google menggunakan kata kunci ’70 tahun Indonesia’ akan keluar banyak gambar dengan tema ‘70 tahun Indonesia Merdeka Ayo Kerja’.

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com (ki-ka) Partnerships Manager Twitter Indonesia Teguh Wicaksono, pegiat media sosial Shafiq Pontoh
Media sosial

Saat hari kemerdekaan, media sosial tak luput dari pengaruh nasionalisme. Media sosial menjadi pilihan banyak orang untuk menunjukkan kecintaannya terhadap tanah air pada perayaan hari jadi bangsa Indonesia.

Tak hanya dari dalam negeri. Kejutan juga datang dari salah satu akun klub sepak bola asal Italia, AS Roma. Dalam akun Twitter klub itu dituliskan "Happy Independence Day wishes for all fans in Indonesia," #ASRoma’ dengan menyelipkan gambar bertuliskan ‘Indonesia Merdeka Ayo Kerja.

Selain itu, Twitter meluncurkan situs gerakan ‘Nyalakan Indonesia #RI70’ untuk memperingati HUT RI sekaligus gerakan mempersatukan Indonesia. Tak terkecuali ucapan dari para pemangku negara, misalnya Menteri Pendidikan Nasional dan Kebudayaan Anies Baswedan yang mengucapkan harapannya untuk Indonesia.

Tidak hanya itu. Seperti dikutip dari liputan khusus HUT ke-70 RI di KOMPAS.com, para musisi dan selebriti tanah air pun turut menyelenggarakan acara bertajuk ‘Karnaval Khatulistiwa’. Abdi Negara, Olga Lidya, dan sejumlah artis terkenal lainnya menjadi penyelenggara acara karnaval khatulistiwa yang diadakan di Pontianak, Kalimantan Barat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.