Kompas.com - 28/08/2015, 09:36 WIB
Instagram sudah mendukung foto format lebar (portrait/lanscape). InstagramInstagram sudah mendukung foto format lebar (portrait/lanscape).
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Pembaruan (update) terbaru dari jejaring sosial foto Instagram versi 7.5 kini memungkinkan penggunanya mem-posting foto dalam orientasi portrait dan lanskap.

Rasio aspek yang baru ini juga berlaku untuk posting-an video. Dengan demikian, pengguna tidak perlu repot lagi melakukan cropping sebelum mengunggah foto ke Instagram, seperti sebelumnya.

Walau demikian, Instagram tetap mempertahankan posting-an foto atau video dalam bentuk kotak bagi yang masih menginginkannya.

Dikutip KompasTekno dari The Wall Street Journal, Jumat (28/8/2015), dengan memberikan opsi portrait dan lanskap ini, Instagram mencoba untuk mendekati kalangan fotografer profesional untuk menggunakan aplikasinya.

"Satu dari lima foto yang di-posting di Instagram formatnya bukan kotak," tulis pihak Instagram dalam blog resminya.

"Kami juga tahu kadang ada teman yang tidak masuk bingkai (dengan format kotak) saat foto bersama. Subyek dalam video juga terlihat dipaksakan," imbuh Instagram.

Pengguna Instagram sendiri selama ini banyak memakai aplikasi InstaFit untuk memasukkan foto ke Instagram tanpa harus melakukan cropping.

Menurut InstaFit, lebih dari 1 juta orang telah menggunakan layanannya, dan sudah ada lebih dari 60 juta foto yang diatur ulang ukurannya agar bisa di-posting di Instagram.

Update ini sudah bisa diunduh bagi pengguna iOS dan Android di toko aplikasi masing-masing.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.