Jumlah E-mail "Sampah" di Indonesia Meningkat

Kompas.com - 30/08/2015, 12:37 WIB
Ilustrasi email spam marketingland.comIlustrasi email spam
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Jumlah email yang berisi iklan, promosi atau penawaran produk yang tidak diinginkan (spam) yang beredar di Indonesia dilaporkan meningkat.

Selama kuartal kedua 2015 (April - Juni), setidaknya ada 23,5 juta email spam yang beredar. Angka tersebut naik dari kuartal sebelumnya yang tercatat sebanyak 18,5 juta.

Hal tersebut seperti dilaporkan dari hasil riset yang dilakukan oleh perusahaan software keamanan Trend Micro dalam keterangan tertulisnya yang diterima KompasTekno, Rabu (26/8/2015).

Selain mengungkap tentang jumlah email spam yang beredar di Indonesia, Trend Micro juga melakukan riset terhadap program jahat alias malware apa yang paling banyak beredar.

Dari riset tersebut terungkap bahwa Sality masih mendominasi jajaran top malware dengan 19 persen dari seluruh malware yang menginfeksi komputer-komputer di Indonesia selama kuartal kedua tahun 2015.

Disusul kemudian malware GAMARUE, Virux, dan RAMNIT yang jumlahnya tercatat masih signifikan.

“Di kuartal kedua, kami melihat adanya pergeseran peta ancaman keamanan," ujar Andreas Kagawa, Country Manager, Trend Micro Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Andreas, hal tersebut terjadi karena peretas semakin canggih dan kreatif dalam memanfaatkan taktik serangan lama untuk mendukung aksi kejahatan siber mereka yang baru.

Trend Micro sendiri mengklaim selama kuartal kedua 2015 telah memblokir sekitar 4,6 juta upaya akses pengguna di Indonesia ke situs-situs berbahaya, dan 18,5 juta spam.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.