Kompas.com - 31/08/2015, 11:41 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Boikot terhadap teknologi Flash dalam browser kembali berlanjut. Setelah Facebook menyarankan Adobe untuk menghentikan atau mengganti Flash, kini Google akan memblokir iklan atau video Flash di browser-nya, Chrome.

Keputusan Google tersebut mulai berlaku pada Selasa (1/9/2015), seperti yang diungkap Google dalam postingan di halaman Google+ milik perusahaan.

Dikutip KompasTekno, Senin (31/8/2015), browser Chrome akan menahan (pause) konten, seperti iklan atau video Flash yang bukan merupakan prioritas bagi halaman web, dan membuat konten utama (seperti video) diputar tanpa interupsi.

Rencana tersebut akan dilakukan Google bersamaan dengan diluncurkannya update untuk browser Chrome pada 1 September.

"Update ini akan mengurangi konsumsi daya secara signifikan, Anda bisa browsing Internet lebih lama sebelum mencari colokan listrik." tulis Google dalam postingan blog-nya.

Bagi pengguna Chrome yang ingin agar konten Flash bisa dijalankan secara otomatis, mereka bisa mengubah setting defaultnya secara manual.

Selain meningkatkan daya tahan baterai perangkat dan performa browser, menanggalkan teknologi Flash juga diklaim Google meningkatkan keamanan.

Seperti diketahui, pada Juli lalu sebuah firma spyware menemukan bug dalam teknologi Flash yang tersembunyi selama empat tahun.

Bagi pengiklan, mereka kini harus mulai pindah dari menggunakan Flash ke HTML5. Google AdWords sendiri saat ini mengubah konten Flash yang diunggah menjadi HTML5 secara otomatis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.