Kompas.com - 31/08/2015, 16:04 WIB
Bocoran foto Blackberry Venice menggunakan sistem operasi Android @evleaksBocoran foto Blackberry Venice menggunakan sistem operasi Android
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Dalam sebuah acara diskusi di Churcill Club, Palo Alto, California, Chief Executive Officer (CEO) BlackBerry John Chen mengaku ingin tetap menjalankan bisnis ponsel. Namun, di sisi lain, dia merasa tak bisa terus-menerus bersabar menghadapi kerugian yang terjadi.

"Jika saya tidak bisa mendapat keuntungan dari bisnis ponsel, saya akan keluar dari bisnis itu. Ada timeline untuk hal ini, tapi saya tidak akan menyebutkan soal kapan tenggat waktunya," kata Chen seperti dilansir KompasTekno dari Recode, Senin (31/8/2015).

Menurut pandangannya, salah satu penyebab pengguna kurang berminat pada ponsel BlackBerry adalah minimnya jumlah aplikasi.

Ponsel BlackBerry bersistem operasi seri 10.2 ke atas dibekali lebih banyak pilihan karena bisa menjalankan aplikasi Android. Namun, strategi tersebut tak bisa dikatakan berhasil. Pasalnya, kinerja aplikasi tersebut malah lebih buruk dibanding saat dipakai pada ponsel Android.

Strategi BlackBerry untuk memasukkan toko aplikasi Android milik Amazon di ponsel buatan mereka pun tak mendapat respons baik dari pengguna. Penyebabnya, pilihan aplikasi kurang banyak.

"Ini tidak kompetitif bila dibandingkan dengan Google Play atau iTunes. Kami sudah bekerja keras untuk memenuhinya," imbuh Chen.

Meski mengatakan demikian, Chen tampaknya enggan mengonfirmasi rumor BlackBerry bersistem operasi Android yang makin ramai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jika Anda ingin bermain di pasar yang lebih besar, Anda mesti menjadi cross-platform. Anda mesti memiliki rekan atau meninggalkan pasar tersebut," ujarnya.
 
Seperti diketahui, bocoran terakhir yang beredar adalah sebuah foto ponsel BlackBerry Venice yang cukup detail. Foto tersebut menunjukkan keyboard slider, antarmuka Android, dan casing belakangnya. BlackBerry Passport Silver Edition pun muncul dalam sistem operasi Android.

Pengadopsian Android dinilai bisa membantu BlackBerry meningkatkan jumlah penjualan ponselnya. Para penggemar Android yang sebelumnya tidak melirik BlackBerry pun disebutkan mulai menaruh minat pada BlackBerry Venice yang belakangan menjadi topik hangat.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Recode
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.