Prosesor Terbaru Snapdragon Bisa Deteksi Malware di Ponsel

Kompas.com - 01/09/2015, 11:25 WIB
Ilustrasi Qualcomm Snapdragon QualcommIlustrasi Qualcomm Snapdragon
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Produsen prosesor Qualcomm lewat chipset terbarunya Snapdragon 820 mencoba bersaing dengan aplikasi anti virus dengan mengembangkan teknologi Snapdragon Smart Protect untuk melindungi perangkat mobile dari malware.

Teknologi yang dibuat oleh Qualcomm tersebut diklaim lebih pintar dari anti virus biasa.

Dikutip KompasTekno dari situs resmi Qualcomm, Selasa (1/9/2015), kebanyakan sofware antivirus saat in hanya mengandalkan file signature aplikasi yang diunduh dan membandingkannya dengan database yang dimiliki.

Padahal, dengan hanya mengubah kode binary aplikasi, sebuah malware bisa saja lolos tidak terdeteksi karena tidak ada dalam basis data software antivirus tadi.

Teknologi yang dikembangkan Qualcomm adalah API (application program interface) yang bisa digunakan oleh pembuat smartphone dan vendor aplikasi antivirus sebagai pelengkap solusi keamanan mereka.

API tersebut secara pintar dan real time akan menganalisa perubahan-perubahan dalam binari.

Snapdragon Smart Protect didesain untuk menganalisis dan mendeteksi aplikasi jahat baru sebelum file signature-nya terdeteksi dan tercantum dalam basis data aplikasi antivirus pada umumnya.

Hal tersebut bisa dilakukan Qualcomm berkat teknologi machine learning-based behavioral analysis yang diproses oleh mesin Qualcomm Zeroth yang tertanam dalam chipset Qualcomm Snapdragon 820.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Qualcomm
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.