Foxconn Batal Bangun Pabrik Ponsel di Indonesia

Kompas.com - 01/09/2015, 11:54 WIB
ZDNet Ilustrasi
KOMPAS.com - Pemanufaktur perangkat elektronik Foxconn membatalkan rencananya untuk membangun pabrik ponsel di Indonesia. Perusahaan asal Taiwan ini justru mengalihkan pembangunan pabriknya ke Malaysia.

Hal tersebut diungkap Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Suryo Bambang Sulisto, seperti dilansir KompasTekno dari Kontan, Senin (31/8/2015).

Sebelumnya, perusahaan induk Foxconn yang berbasis di Taipei, Hon Hai Precision Industry telah berjanji menanamkan investasi sebesar 1 miliar dollar AS di Indonesia. Rencana tersebut akan diawali dengan pembangunan pabrik pada Oktober 2014.

Dilansir Reuters, Foxconn yang lebih dikenal sebagai perakit produk iPhone dan iPad itu memutuskan tidak melanjutkan pembangunan pabrik di Indonesia karena masalah lahan.

Foxconn awalnya disebut tidak cocok soal harga tanah yang akan mereka beli di Kawasan Berikat Nusantara (KBN) yang berada di Cakung, Jakarta. Kabar terakhir, Foxconn meminta menggunakan lahan secara gratis di KBN.

Mengenai Foxconn meminta tanah gratis di Indonesia, Suryo mengatakan hal tersebut seharusnya diakomodasi pemerintah. "Tanah kan banyak, masa tidak bisa kasih ke mereka," ujar Suryo.

Ia mengatakan pemberian tanah gratis boleh saja dilakukan asal dilihat dulu siapa investornya. "Ya tidak sembarang investor kita kasih tanah gratis atau insentif berlebih lainnya. Harus dilihat juga. Foxconn ini besar, kalau dia masuk bisa menjaring investor besar lainnya," ujar Suryo.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorReza Wahyudi

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X