Kompas.com - 01/09/2015, 15:28 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Dubsmash mendapat pendanaan Seri A senilai 5,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 77,3 miliar. Pendanaan tersebut dipimpin oleh Index Ventures bersama beberapa investor lainnya.

Salah satu pendiri Dubsmash Roland Grenke mengatakan, ke depan rencana bisnis Dubsmash akan merambah ke pengiklan. Namun, saat ini ikatan dengan pengguna harus diperkuat terlebih dahulu.

"Kami melihat ada banyak kesempatan untuk monetisasi layanan ini. Tapi sekarang terlalu awal untuk fokus ke sana. Kami harus fokus 100 persen ke pengguna dulu," kata Grenke, sebagaimana dilaporkan Techcrunch dan dihimpun KompasTekno, Selasa (1/9/2015).

Grenke dan timnya juga belum memiliki rencana untuk menambah lini layanannya. Tak seperti perusahaan teknologi lainnya, Grenke tampaknya belum berambisi membesarkan skala perusahaan.

"Kami belum mau melahirkan aplikasi-aplikasi terkait lainnya. Kami berharap bisa jadi perusahaan yang benar-benar fokus dan setia pada satu aplikasi," ia menuturkan.

Diketahui, startup asal Berlin yang baru beroperasi dua tahun ini jadi viral sejak pertengahan 2015. Mulanya berawal dari artis-artis papan atas yang menguggah video dubbing dengan klip audio terkenal dari berbagai sumber (film, lagu, iklan, dsb).

Tak hanya artis Hollywood, artis tanah air juga kerap membagi video lucu dari Dubsmash. Antara lain Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Chika Jessica, Jordi Onsu, Luna Maya dan Ayu Dewi.

Menurut Grenke, Dubsmash tak melakukan perjanjian khusus dengan artis-artis tersebut untuk mendongkrak popularitas platform-nya. "Mereka menemukannya sendiri," ia berujar.

Dubsmash tersedia di perangkat iOS dan Android. Startup ini menduduki posisi pertama pada Apple App Store di 78 negara dan menempati 10 besar di 118 negara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TechCrunch


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.