Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Pendanaan Rp 77 Miliar, Ini Rencana Dubsmash

Kompas.com - 01/09/2015, 15:28 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Dubsmash mendapat pendanaan Seri A senilai 5,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 77,3 miliar. Pendanaan tersebut dipimpin oleh Index Ventures bersama beberapa investor lainnya.

Salah satu pendiri Dubsmash Roland Grenke mengatakan, ke depan rencana bisnis Dubsmash akan merambah ke pengiklan. Namun, saat ini ikatan dengan pengguna harus diperkuat terlebih dahulu.

"Kami melihat ada banyak kesempatan untuk monetisasi layanan ini. Tapi sekarang terlalu awal untuk fokus ke sana. Kami harus fokus 100 persen ke pengguna dulu," kata Grenke, sebagaimana dilaporkan Techcrunch dan dihimpun KompasTekno, Selasa (1/9/2015).

Grenke dan timnya juga belum memiliki rencana untuk menambah lini layanannya. Tak seperti perusahaan teknologi lainnya, Grenke tampaknya belum berambisi membesarkan skala perusahaan.

"Kami belum mau melahirkan aplikasi-aplikasi terkait lainnya. Kami berharap bisa jadi perusahaan yang benar-benar fokus dan setia pada satu aplikasi," ia menuturkan.

Diketahui, startup asal Berlin yang baru beroperasi dua tahun ini jadi viral sejak pertengahan 2015. Mulanya berawal dari artis-artis papan atas yang menguggah video dubbing dengan klip audio terkenal dari berbagai sumber (film, lagu, iklan, dsb).

Tak hanya artis Hollywood, artis tanah air juga kerap membagi video lucu dari Dubsmash. Antara lain Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Chika Jessica, Jordi Onsu, Luna Maya dan Ayu Dewi.

Menurut Grenke, Dubsmash tak melakukan perjanjian khusus dengan artis-artis tersebut untuk mendongkrak popularitas platform-nya. "Mereka menemukannya sendiri," ia berujar.

Dubsmash tersedia di perangkat iOS dan Android. Startup ini menduduki posisi pertama pada Apple App Store di 78 negara dan menempati 10 besar di 118 negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com