Apa Alasan Google Ubah Logo?

Kompas.com - 02/09/2015, 10:46 WIB
Google mengumumkan pemakaian logo baru pada Selasa (2/9/2015). GoogleGoogle mengumumkan pemakaian logo baru pada Selasa (2/9/2015).
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Logo Google kembali berubah hari ini, Selasa (2/9/2015). Logo terbaru Google ini merupakan logo ke tujuh sejak perusahaan internet berdiri pada 1998.

Apa alasan yang mendasari Google mengubah logonya kali ini? Melihat Google baru mengganti logonya dua tahun yang lalu, tepatnya pada September 2013.

Apakah berkaitan dengan adanya perusahaan baru Alphabet yang membawahi Google? "Tidak ada. Ini sudah lama berada di "buku gambar" kami," tulis Google.

Menurut keterangan tertulis Google yang diterima KompasTekno, Selasa pagi, Google membutuhkan bahasa visual yang baru yang dinamis, sesuai dengan perilaku pengguna masa kini.

Seperti diketahui, layanan Google kini tak sekadar merambah pengguna desktop saja, melainkan juga pengguna ponsel/mobile, dan yang terbaru adalah wearable gadget (Android Wear).

Pergeseran tren perangkat yang dipakai oleh pengguna internet itulah yang menjadi dasar Google mengganti logonya.

Seperti yang ditulis lewat blog resmi Google, "Kalau dulu netter menjelajah dunia online memakai PC, maka kini mereka sudah banyak beralih ke perangkat mobile atau gadget lain, bisa berupa TV, arloji pintar, atau dashboard mobil."

Logo Google yang baru ini diharapkan bisa lebih sesuai untuk semua jenis perangkat, bahkan yang memiliki "layar terkecil" sekalipun.

"Seperti yang bisa Anda lihat, Kami mengubah logo dan branding Google, yang tadinya dibikin untuk laman peramban desktop, untuk dunia komputasi di segala jenis perangkat dan metode input," lanjut Google.

Font logo Google dengan tipe Sans Serif berwarna-warni tetap dipertahankan oleh Google. Titik-titik warna-warni juga dipakai utnuk mencerminkan layanan yang interaktif, berguna, dan menggambarkan momen transisi dalam tubuh Google.

Sementara, logo huruf G kapital menjadi simbol Google yang akan bekerja dalam konteks yang lebih kecil, kemungkinan akan dipakai di perangkat dengan layar kecil seperti jam tangan pintar dan sejenisnya.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X