Kompas.com - 02/09/2015, 13:16 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Pada 2013 lalu, Instagram menghadirkan fitur "Direct" untuk bertukar pesan secara personal. Namun, fitur Direct Message (DM) tersebut tak terlalu populer karena hanya mengakomodir kemampuan teks.

Instagram kini memperbarui fitur chatting personalnya dengan mengakomodir pertukaran gambar, seperti dirangkum KompasTekno dari blog Instagram, Selasa (2/9/2015). Kemampuan ini sama dengan yang dihadirkan Snapchat.

Saat pengguna menjepret apapun, pengguna dapat memilih untuk menghadirkan foto di linimasa, atau hanya ke beberapa orang saja. Selanjutnya orang-orang yang dikirimi foto bisa membalas dengan foto, teks, dan emoji.

Yang berbeda dari Snapchat adalah durasi pengaksesan gambar. Gambar pada Instagram, baik di linimasa maupun pada "Direct", dapat diakses berulang kali. Sedangkan pada Snapchat, pertukaran gambar personal akan langsung terhapus setelah dilihat lawan chatting. 

Menurut Head of Engineering "Direct" Brina Lee, pembaruan ini merupakan permintaan para pengguna Instagram dan melalui sebuah riset atas perilaku pengguna di layanan pengepul gambar tersebut.

"Kami melihat 40 persen komentar menggunakan '@' untuk memanggil teman lain membahas satu foto," katanya. Dari hasil pengamatan, saat pengguna melihat gambar yang mengingatkannya pada teman, pengguna akan "menge-tag" teman tersebut. Jadilah obrolan pribadi membanjiri komentar foto tertentu.

Dengan "Direct", hal tersebut bisa diredam. Misalnya dua pengguna ingin membahas foto Instagram penyanyi Raisa. Tak perlu lagi berbalas komentar panjang yang tak ubahnya "spam" bagi Raisa. Cukup bagi foto tersebut ke ruang diskusi pribadi. Selanjutnya dua pengguna bisa saling berkomentar tanpa merugikan pihak lain.

"Saya rasa ini adalah evolusi. Untuk menunjukkan reaksi sekadarnya, pengguna bisa langsung membahas satu foto di komentar publik. Jika ingin berdiskusi lebih dalam, pengguna bisa melakukannya lewat direct," kata juru bicara Instagram.

Pembaruan diharapkan dapat meningkatkan citra Instagram sebagai media komunikasi visual kawakan. Walau, fitur ini kurang lebih sama dengan Snapchat, WhatsApp atau Facebook Messenger.

Selain bertukar gambar, "Direct" juga memungkinkan pengguna membagi lokasi, profil dan laman tagar. Kini, Instagram tak hanya tentang pembagian konten publik, namun juga konten personal.

Fitur baru "Direct" ini sudah dapat dinikmati pengguna Android dan iOS. Pengguna bisa memperbarui aplikasi Instagram melalui Play Store dan App Store mulai hari ini. Namun, saat dicoba KompasTekno, fitur ini belum tersedia untuk pengguna di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber TechCrunch
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.