Cortana di Windows 10 Bisa Jadi Penerjemah Bahasa

Kompas.com - 02/09/2015, 13:49 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Cortana mendapatkan kemampuan baru. Asisten digital buatan Microsoft itu kini bisa digunakan untuk menerjemahkan kata dan kalimat hingga 40 bahasa. Namun, fitur tersebut baru berlaku untuk Windows 10 versi AS dan China saja.

"Untuk membuat terjemahan semakin nyaman, tim Cortana telah merilis dukungan penerjemah native untuk Windows 10 edisi AS dan China," tulis tim Microsoft dalam blog resminya, sebagaimana KompasTekno rangkum dari blog resmi Microsoft, Rabu (2/9/2015).

Karena baru tersedia di dua edisi itu, bahasa yang bisa diterjemahkan baru dari bahasa Inggris dan China ke bahasa lain. Untuk ke depannya, tim Microsoft berjanji untuk segera menambah dukungan bahasa tersebut.

Kemampuan untuk menerjemahkan kata dan kalimat ini sendiri berasal dari teknologi aplikasi Translator, yang juga dikembangkan oleh tim Microsoft sendiri.

Menariknya, pengguna tidak perlu menginstalasi aplikasi tersebut untuk meminta Cortana menerjemahkan. Fitur ini tersedia langsung tersedia secara natif di Cortana. Sekadar catatan, untuk mendapatkan fitur tersebut, pengguna harus memperbarui Windows 10 terlebih dahulu.

Cara untuk menerjemahkan cukup mudah. Pengguna cukup mengucapkan "Hey Cortana," dan mengucapkan kata yang ingin diterjemahkan, ditambah bahasa yang ingin dituju.

Sebagai contoh, pengguna bisa berkata, "Hey Cortana, translate 'Where are you' into Indonesian". Cortana kemudian akan langsung menampilkan hasil terjemahan tersebut.

Jika tidak ingin menggunakan suara, pengguna pun bisa mengetik kalimat atau kata yang ingin diterjemahkan. Sebagai contoh, "translate where are you into Indonesian". Secara otomatis, Cortana juga akan menampilkan hasil terjemahan.

Berikut 40 bahasa yang sudah didukung Bulgaria, Catalan, China (Sederhana), Ceko, Denmark, Belanda, Inggris, Estonia, Persia, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Ibrani, Hindi, Hungaria, Indonesia, Italia, Jepang, Klingon (pIqaD), Korea, Latvia, Melayu, Malta, Polandia, Portugis, Rumania, Rusia, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Thailand, Turki, Ukraina, Urdu, Vietnam, dan Welsh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.