Kompas.com - 02/09/2015, 16:17 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Xiaomi sempat dirumorkan akan membuat produk laptop di akhir tahun lalu. Namun kabar tersebut kemudian dibantah oleh Xiaomi.

Kini, Bloomberg memberikan update tentang kabar tersebut dan mengatakan bahwa laptop Xiaomi sebenarnya ada dan rencananya akan dirilis pada kuartal pertama awal tahun 2016. 

Dikutip KompasTekno, Rabu (2/9/2015), laptop Xiaomi tersebut dibuat untuk bersaing dengan produk premium lain, seperti MacBook Air dari Apple serta ThinkPad buatan lenovo.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Xiaomi dilaporkan bekerja sama dengan raksasa elektronik Korea Selatan Samsung sebagai pemasik chip dan kemungkinan layar laptop.

Belum bisa dikonfirmasi spesifikasi laptop Xiaomi yang akan dibuat, namun kabar sebelumnya menyebut Xiaomi menggunakan prosesor Intel Haswell i7-4500u dan RAM 16 GB sebagai dapur pacunya. Layarnya berukuran 15 inci dengan resolusi 1080p.

Soal sistem operasi, rumor tahun lalu mengatakan Xiaomi tidak memilih OS Windows sebagai sistem operasi laptop ini, melainkan sistem operasi Linux yang telah dimodifikasi. Laporan dari Bloomberg belum mengonfirmasi tentang hal ini.

Baik Xiaomi maupun Samsung sama-sama menolak untuk memberikan keterangan atas kabar kerja sama keduanya itu.

Strategi Xiaomi di pasar laptop diprediksi akan sama dengan strateginya di pasar smartphone, yaitu dengan membuat perangkat berspesifikasi unggul dengan harga yang lebih terjangkau.

Dengan hadirnya Xiaomi di pasar laptop dengan strategi tersebut, maka analis memperkirakan Xiaomi bisa menekan vendor-vendor industri laptop yang selama ini bertengger di atas, seperti Lenovo, Hewlett-Packard, dan Apple.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Bloomberg


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.