Kompas.com - 02/09/2015, 16:30 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Intel secara resmi meluncurkan prosesor Core-i generasi keenam pada Senin (1/9/2015). Prosesor dengan kode nama "Skylake" ini menyasar komputer bertenaga tinggi. Dari mulai untuk menjalankan game hingga mengoperasikan komputer seukuran USB.

Secara garis besar, penerus "Broadwell" ini menjanjikan peningkatan performa, ketahanan baterai dan kekuatan grafis yang lebih mumpuni.

"Ini (Skylake) memungkinkan pembuatan perangkat yang lebih ringan, kecil dan tak butuh kipas pendingin. Ketahanan baterai bisa mencapai 10 hingga 12 jam tanpa pengisian," kata analis industri teknologi Jack Gold, sebagaimana dilaporkan BBC dan dihimpun KompasTekno, Selasa (2/9/2015).

Semua ini berkat teknologi yang dinamai "Speed Shift". Menurut eksekutif Intel Gregory Bryant, teknologi tersebut memungkinkan prosesor bekerja lebih cepat namun dengan frekuensi penyerapan daya yang lebih kecil.

"Dibandingkan generasi core kelima, prosesor kali ini bisa mereduksi daya hingga 60 persen dan dalam waktu bersamaan meningkatkan performa hingga 60 persen," kata Bryant.

Berikut beberapa kemampuan andalan yang digemborkan Intel terkait prosesor termutakhirnya tersebut.

1. Streaming video 4K lebih hemat

Skylake sudah mendukung tampilan video 4K. Lebih dari itu, prosesor ini akan mereduksi penggunaan data saat streaming video 4K tanpa mempengaruhi kualitas gambar.

Hal ini dimungkinkan oleh sebuah standar kompresi terbaru yang disebut "H.265 video codec". Pengadopsian standar kompresi tersebut dikatakan cukup menantang namun menghasilkan kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

Analis teknologi dari Gratner Consultancy, Sergis Mushell mengatakan, Skylake merupakan jawaban teknologi atas kebiasaan manusia yang hidup di era ini. Di mana orang-orang terus menonton video streaming, memainkan game dan melakukan banyak hal yang menuntut kemapanan grafis.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber BBC.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.