Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Docs Ubah Suara Jadi Tulisan, Termasuk Bahasa Indonesia

Kompas.com - 04/09/2015, 10:18 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Google memperbarui (update) aplikasi perkantoran Docs, yang terintegrasi di layanan Google Drive. Dalam update terbaru ini, aplikasi tersebut hadir dengan berbagai fitur yang menarik.

Salah satu fitur menarik adalah Voice Typing. Ya, sesuai dengan namanya, pengguna kini bisa mengetik hanya dengan menggunakan suara (dictation). Artinya, suara yang diucapkan akan langsung dibuah menjadi teks atau tulisan.

Untuk menggunakan fitur tersebut, pengguna hanya perlu mengklik menu Tools, kemudian mengklik Voice Typing. Setelah itu, pengguna bisa langsung mengucapkan kata-kata yang ingin diketik oleh sistem.

Menariknya, sistem dari Google Docs ini sudah mengenali berbagai macam bahasa. Sebagaimana KompasTekno rangkum dari blog resmi Google, Kamis (3/9/2015), total sudah ada 40 bahasa yang didukung, termasuk Indonesia.

Saat KompasTekno mencobanya, sistem mampu mengubah suara yang diucapkan dengan cukup baik. Kesalahan yang terjadi cukup jarang.

"Voice Typing tersedia lebih dari 40 bahasa, jadi kami bisa membantu Anda dengan PR bahasa Perancis. Voila," tulis Google.

Fitur menarik lainnya disebut sebagai Research. Menggunakan fitur tersebut, pengguna bisa melakukan pencarian langsung dari Google Docs. Artinya, pengguna sudah tidak perlu lagi berpindah aplikasi ke layanan Google Search untuk melakukan hal tersebut.

Hasil pencariannya pun bisa langsung dimasukkan ke Google Docs. Sebagai contoh, pengguna melakukan pencarian tentang mobil. Melalui menu Research, langsung saja masukkan kata mobil. Hasil pencariannya dapat berupa kata-kata dan juga gambar. Kemudian, tinggal pilih gambar yang diinginkan, kemudian tekan tombol Insert. Secara otomatis gambar tersebut akan masuk dalam dokumen yang dikerjakan.

Fitur Insert tersebut juga berlaku untuk kata-kata. Pengguna tinggal blokir kata yang diinginkan, lalu menekan tombol Insert. Kata-kata tersebut secara otomatis akan dimasukkan ke dalam dokumen.

Tombol Research sendiri dapat ditemukan di menu Tools.

"Anda bisa melakukan pencarian tanpa harus meninggalkan Docs, dan saat telah menemukan quote, fakta atau gambar, bisa menambahkannya (ke dalam dokumen) hanya dengan beberapa sentuhan," ujar Google.

Update ini sendiri bisa ditemukan di Google Drive versi desktop dan perangkat berbasis Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com