Kompas.com - 04/09/2015, 10:35 WIB
Aplikasi pesan instan WhatsApp tersedia di platform Android, iOS, BlackBerry, dan Windows Phone istAplikasi pesan instan WhatsApp tersedia di platform Android, iOS, BlackBerry, dan Windows Phone
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Pendiri WhatsApp Jan Koum mengumumkan masifnya penetrasi layanan messaging bernuansa hijau tersebut.

"WhatsApp saat ini memiliki 900 juta pengguna aktif per bulan," katanya melalui status di akun Facebook pribadinya, sebagaimana dikutip KompasTekno, Jumat (4/9/2015).

Jumlah pengguna aktif WhatsApp ini berarti meningkat sebanyak 100 juta pengguna selama lima bulan. Pada April lalu, WhatsApp mengumumkan telah mempunyai 800 juta pengguna aktif.

Dengan ini, jumlah pengguna WhatsApp setimpal dengan 3,5 kali jumlah penduduk Indonesia. Indonesia pun merupakan negara ke-4 dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia.

Berdasarkan keterangan lokasi, status Kuom tersebut dibuat di kantor Facebook, Menlo Park, Palo Alto. Baru sekitar setengah jam diunggah, sudah lebih dari 500 pengguna Facebook yang me-like status Koum.

Facebook Pendiri WhatsApp Jan Kuom umumkan jumlah pengguna aktif per bulannya

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg adalah orang pertama yang mengomentari status itu. "Selamat," ujarnya. Belum dibalas Koum, semenit kemudian Zuckerberg menimpali komentar sebelumnya dengan foto Koum.

Facebook Pendiri WhatsApp Jan Kuom yang dibidik CEO Facebook Mark Zuckerbeg saat mengunggah status Facebook

"Ini adalah foto saat kamu menulis status ini," begitu komentar Zuckerberg yang disisipkannya lagi pada status Kuom. Pada foto, terlihat Koum mengenakan kaos abu-abu polos seperti yang sering dikenakan Zuckerberg.

Pengumuman capaian 900 juta pengguna aktif sepertinya diumumkan Kuom di depan bosnya, Zuckerberg.

Facebook telah mengakuisisi WhatsApp pada awal 2014 lalu. Pun begitu, Facebook masih terus mengembangkan layanan instant messaging miliknya sendiri bertajuk "Messenger".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Facebook

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.