Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft, Intel, dan Google Siapkan "Pembunuh" Flash

Kompas.com - 04/09/2015, 11:10 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Mashable
KOMPAS.com - Era Adobe Flash sebagai pemutar video berkualitas tampaknya akan segera berakhir, seiring makin santernya penolakan dari berbagai perusahaan teknologi.

Sejak Juli lalu, Facebook sudah mendesak Adobe untuk memensiunkan Flash. Mozilla dan Google pun kemudian memblokir alat pemutar video itu supaya tidak bisa lagi bekerja secara otomatis.

Kini perusahaan-perusahaan teknologi besar dunia, antara lain Microsoft, Google, Intel, Amazon, Mozilla, Netflix dan Cisco bekerja sama membentuk Alliance for Open Media untuk membuat pengganti Flash.

Dilansir KompasTekno dari Mashable, Kamis (3/9/2015), tujuan aliansi tersebut adalah menciptakan format video open source yang bebas royalti. Mereka juga merancang video codec untuk streaming berkualitas tinggi di perangkat apapun.

Format baru tersebut rencananya akan dirilis dalam naungan lisensi Apache 2.0 dan bisa dipakai siapapun.

"Dunia web tidak berhenti berubah, begitu juga dengan kita. Seiring peningkatan resolusi dan framerate, akan ada lebih banyak kebutuhan untuk codec baru dengan rasio kompresi terbaik," terang Interim CTO and Platform Engineering Vice President. David Bryant.

Sayangnya, Facebook dan Apple tidak terlihat bergabung dengan aliansi itu, kendati mereka termasuk yang menolak Flash. Apple sendiri sekarang masih sibuk dengan usahanya membuat konten sendiri, melalui Amazon dan Netflix.

Selama ini, Adobe Flash digunakan sebagai standar pemutaran video di berbagai perangkat. Namun piranti lunak yang sudah dipakai sejak era 90-an itu dinilai ketinggalan zaman.

Flash dianggap mempengaruhi kinerja, umur baterai dan masalah keamanan. Sudah berkali-kali ditemukan lubang keamanan dalam piranti lunak ini dan berkali-kali pula Adobe menambalnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com