Kompas.com - 04/09/2015, 12:44 WIB
Google Street View dalam aplikasi Maps di ponsel Android Oik Yusuf/Kompas.comGoogle Street View dalam aplikasi Maps di ponsel Android
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Google akhirnya memisahkan aplikasi Maps dan Street View di perangkat Android. Selain mendapatkan kedua aplikasi itu terpisah, pengguna juga bisa memotret 360 derajat dan meng-upload fotonya ke Street View.

Selama ini, Street View secara teknis sudah memiliki file APK tersendiri namun masih menyatu dengan Google Maps. Pengguna Android yang ingin mengakses layanan tersebut dari gadget pun mesti membuka Maps, menjatuhkan "pin" di tempat yang diinginkan baru kemudian memilih Street View.

Dilansir KompasTekno dari Android Police, Jumat (4/9/2015), pada Street View v2.0 ini semua berubah. Aplikasi tersebut kini bisa dijalankan sendiri tanpa harus masuk ke Google Maps.

Anda mungkin masih ingat dengan satu set kamera 360 derajat yang Google umumkan dalam konferensi I/O tahun ini. Ya, kamera itu kini bisa terhubung ke aplikasi Street View yang baru dan dipakai meng-upload foto 360 derajat.

Selain kamera canggih itu, pengguna juga masih bisa mengunggah foto 360 derajat atau photosphere memakai kamera ponsel miliknya. Cukup dengan memilik ikon kamera yang ada di kanan bawah aplikasi Street View.

Tapi jangan lupa, ada syarat tertentu untuk bisa melakukannya. Gadget atau ponsel yang digunakan mesti memiliki sensor bernama gyroscope. Tanpa sensor itu, kamera 360 derajat tidak bisa digunakan di gadget.

Saat ini, update tersebut belum dirilis di Google Play Store. Anda bisa mencoba aplikasi Street View terpisah itu dengan mengunduh file APK dan menginstalnya melalui tautan ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X