Google Punya Trik Baru Tampilkan Iklan di Gmail

Kompas.com - 04/09/2015, 16:26 WIB
Google meluncurkan format baru Gmail ads TechcrunchGoogle meluncurkan format baru Gmail ads
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Setelah diuji coba berulang kali sejak 2013, Google akhirnya resmi meluncurkan format baru Gmail Ads. Kini, tak ada lagi pesan masuk dari pengiklan yang tampak seperti e-mail reguler.

Dilansir KompasTekno, Jumat (4/9/2015) dari Techcrunch, iklan yang muncul akan memiliki visualisasi yang berbeda dari e-mail reguler. Iklan akan hilang otomatis setelah pengguna mengkliknya.

Sebelum hilang, iklan itu akan berekspansi memenuhi layar perangkat dengan tampilan visual yang dinamis dan fleksibel. Jika pengguna merasa iklan itu berguna, pengguna bisa menyimpannya sebagai e-mail reguler.

Caranya mudah. Pengguna tinggal memilih opsi "Save to Inbox". Jika pengguna ingin membagi iklan tersebut ke teman, pengguna bisa meneruskan iklan dengan opsi "Forward".

Pembaruan ini dipicu oleh pengamatan Gmail atas efektivitas fitur iklannya selama ini. Menurut Gmail, pengguna yang terus diterpa dengan kotak masuk berkonten iklan bisa kesal dan enggan membaca informasi yang diberikan.

Apalagi jika iklan-iklan yang masuk sangat banyak. Ujung-ujungnya iklan akan menumpuk tanpa digubris pengguna. Artinya, hal tersebut tak efektif dan tak sesuai dengan harapan pengiklan.

Dengan format Gmail Ads yang baru, terpaan iklan yang masuk ke akun pengguna e-mail memang berkurang. Namun, cara ini dianggap akan lebih efektif. "Format ini menyajikan kualitas iklan yang lebih tinggi dengan pendekatan yang lebih halus ke pengguna," kata perwakilan Gmail.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para pengiklan dapat membeli paket Gmail Ads langsung dari AdWords. Lewat layanan khusus iklan tersebut, pengiklan dapat mengembangkan Gmail Ads-nya dengan mematrikan foto, video, telepon, formulir, dan tombol kontak langsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber TechCrunch

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.