Kompas.com - 04/09/2015, 17:18 WIB
Ilustrasi Blogspot istIlustrasi Blogspot
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Google mulai mengganti alamat URL situs blog Blogger atau yang lebih dikenal dengan nama Blogspot untuk pengguna di Indonesia. Blogspot telah berganti alamat URL, dari semula ".com" menjadi nama domain Indonesia, "co.id".

Saat dicoba KompasTekno, Jumat (4/9/2015), semua situs yang beralamat di blogspot.com, baik dari luar maupun Indonesia, akan berubah menjadi [nama blog].blogspot.co.id. Misalnya, googleblog.blogspot.com berubah jadi googleblog.blogspot.co.id.

Meski demikian, hanya nama URL-nya saja yang berubah. Konten dan bahasa dalam situs tetap sama.

Perubahan ini sebenarnya sudah dilakukan Google sejak tahun 2013 lalu di sejumlah negara. Indonesia baru kebagian belakangan.

Menurut halaman Support Google, perubahan itu sejalan dengan visi Google dalam mendukung kebebasan berpendapat dan aturan mengenai konten-konten kontroversial.

"Jika kami menerima permintaan untuk menghapus konten yang melanggar hukum, maka konten tersebut tidak akna tersedia bagi pembaca di domain lokal dimana hukum tersebut berlaku," demikian tulis Google.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan demikian, jika terdapat konten blog yang dinilai melanggar hukum di Indonesia, dan pemerintah meminta Google untuk menghapusnya, maka konten tersebut tidak bisa diakses oleh pengguna di Indonesia.

Namun demikian, pengakses Blogspot dari domain negara lain masih tetap bisa mengaksesnya.

Jika pengguna ingin melihat konten di domain lain dan tidak ingin secara otomatis dialihkan oleh Google, mereka bisa menambahkan ncr (no country redirect) di belakang URL, sebagai contoh adalah [nama blog].blogspot.com/ncr.

Google menjelaskan tidak akan ada perubahan tampilan dalam blog penggunanya. Pemilik blog juga tetap bisa mengatur dan mengedit konten mereka dari Blogger.com.

Namun, Google mengatakan perubahan tersebut bisa jadi berimbas kepada SEO (search engine optimizer) terhadap blog tersebut.

"Mesin pencari akan menganggap versi blogspot.com dari blog Anda sebagai blog yang resmi," demikian tulis Google.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.