Dikubur di Gurun, "Game" Atari Laku Rp 1,4 Miliar

Kompas.com - 04/09/2015, 21:02 WIB
Tiga dari 881 kaset video game Atari yang ditemukan di bekas tempat pembuangan sampah kota Alamogordo www.polygon.comTiga dari 881 kaset video game Atari yang ditemukan di bekas tempat pembuangan sampah kota Alamogordo
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Sempat terkubur selama beberapa dekade di sebuah gurun, ratusan kaset (cartridge) permainan lawas untuk konsol Atari 2600 dilaporkan laku terjual senilai miliaran rupiah.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ArsTechnica, Rabu (2/9/2015), ke-881 kaset permainan itu ditemukan di sebuah lahan di dekat kota Alamogordo, New Mexico, AS, pada April tahun lalu, kemudian dijual melalui lelang di situs eBay oleh para penemunya.

Kaset-kaset tersebut berisi aneka judul permainan Atari lawas dari dekade 1980-an, seperti Pac-Man, Pele's Soccer, Yar's Revenge, Baseball, Centipede, dan Warlords.

Total dana yang dikumpulkan dari hasil lelang mencapai lebih dari 100.000 dollar AS (Rp 1,4 miliar). Sebagian besar diberikan ke kas kota Alamogordo, sementara lainnya disumbangkan ke Tularosa Basin Historical Society.

Biaya pengiriman kaset-kaset permainan lawas itu saja mencapai 26.000 dollar AS karena pembelinya berasal dari berbagai negara, seperti Brasil, Australia, Singapura, Perancis, dan Kanada.

Dibuang ke tempat sampah

Mengapa kaset-kaset permainan Atari bisa berada di sana? Pada 1983, bisnis video game di AS kolaps. Atari sebagai salah satu pemain di industri game terbesar saat itu pun terpukul dan terpaksa menutup pabriknya di Texas.

Ribuan kaset permainan turut menjadi "korban", dan harus dibuang oleh Atari ke suatu tempat. Namun mungkin lantaran malu, Atari tak pernah menjelaskan ke publik soal letak persis "tempat peristirahatan" artefak-artefak dunia game tersebut.

Gosip berkembang, kisah kaset-kaset permainan yang terbuang ini pun sempat menjadi urban legend di kalangan gamer AS.

Megan Geuss/ ArsTechnica Tim penggali menemukan ratusan kaset game Atari di bekas tempat pembuangan sampah

Lama setelahnya, pada April 2014, seorang kontraktor kebersihan bernama Joe Lewandowski menyelidiki nasib kaset-kaset permainan Atari, dan menemukan lokasi penguburannya di sebuah gurun di dekat Alamogordo, yang ternyata merupakan bekas tempat pembuangan sampah lama.  

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X