Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peserta Inaicta Asal Garut Sempat Kekurangan Biaya ke Jakarta

Kompas.com - 06/09/2015, 09:48 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Salah satu tim peserta kompetisi Indonesia ICT Award (INAICTA) 2015 sempat kekurangan dana untuk mengikuti penjurian yang akan diadakan pada Selasa (8/9/2015) di Jakarta. Padahal, tim tersebut pernah berprestasi di ajang INAICTA sebelumnya.

Kendati masuk ke putaran 8 besar nasional nominator INAICTA 2015 kategori SD-SMP, namun nasib Fazil, Raka, dan Rafli yang masing-masing berasal dari Pondok Pesantren Darussalam Kersamanah, SMP N 1 Leuwigoong, dan SMPN 2 Garut sempat terkatung-katung.

Ketiganya terancam tidak bisa berangkat ke Jakarta untuk mengikuti rangkaian kegiatan INAICTA yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi, akibat kekurangan dana.

Lewat website STEAM Club Indonesia, ketiganya pun mencoba menggalang dana untuk keperluan transportasi, akomodasi dan konsumsi selama mengikuti rangkaian kegiatan INAICTA di Jakarta.

"Kembali seperti tahun lalu, karena rangkaian kegiatan INAICTA yang mengharuskan tim untuk menginap, dana yang kami kumpulkan belum dapat mencukupi kebutuhan akomodasi yang memadai untuk tim siswa SMP dan tim pembimbing/pendamping," demikian postingan yang tertulis di web Steam Club Indonesia pada Jumat (4/9/2015) lalu.

Setelah kabar tersebut beredar di dunia maya, tak butuh waktu lama bantuan dana pun berdatangan. Pada Sabtu (6/9/2015) pagi, admin Steam Club Indonesia meng-update postingan tersebut dan memberitahukan bahwa kebutuhan mereka telah terpenuhi.

"Alhamdulillah, atas perhatian dan bantuan rekan-rekan semua, kebutuhan akomodasi telah terpenuhi, bahkan melebihi," tulis admin di postingan blog Steam Club Indonesia.

Secara total, tim membutuhkan dana Rp 6,6 juta untuk biaya transportasi, akomodasi, dan konsumsi selama di Jakarta. Pada Jumat lalu mereka masih defisit Rp 4,4 juta. Namun pantauan KompasTekno, pada Minggu (6/9/2015) pagi ini jumlah sumbangan melebihi target, mencapai Rp 8,6 juta.

Fazil, Raka, dan Rafli bukan kali ini saja berlaga di ajang INAICTA. Tahun lalu, ketiganya bahkan berhasil menjadi pemenang di kategori SD-SMP dengan karyanya, Saron Simulator. Tahun ini, ketiga programmer cilik itu membuat karya Buku Tamu Android.

Ajang INAICTA Award 2015 sendiri akan memasuki penjurian tahap II pada Selasa (8/9/2015) mendatang. Sementara malam penganugerahan akan diadakan sehari setelahnya, atau Rabu (9/9/2015) di Gedung Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.