Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posting Lirik di Instagram, Remaja Masuk Penjara

Kompas.com - 07/09/2015, 07:25 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Remaja di California dipenjara karena mengunggah lirik lagu "I'm Back" karya penyanyi Eminem di Instagram. “I take seven kids from Columbine, stand ’em all in a line. Add an AK-47, a revolver, a nine,” begitu potongan lirik lagu yang diunggah.

Sebelum menangkap, polisi menggeledah seisi rumah keluarga remaja itu dan menemukan beberapa senjata. Dengan barang bukti tersebut, polisi setempat makin mantap menahan remaja berusia 15 tahun yang tak dibeberkan namanya. 

Menurut tim kepolisian, tindakan remaja tersebut adalah bentuk ancaman terorisme. Apalagi, beberapa pengguna Instagram mengomentari unggahan si remaja dengan nada seakan terprovokasi.

"Ajaklah saya. Saya punya beberapa barang untuk dapat bertahan," begitu salah satu komentar dari unggahan si remaja, sebagaimana dilaporkan ArsTechnica dan dikutip KompasTekno, Jumat (4/9/2015)

Si remaja pun membalas komentar dari beberapa pengguna lain. "Saya akan menghubungimu," ia berujar.

Setelah tertangkap, remaja itu tak mengaku pernah mengunggah lirik lagu Eminem ke akun Instagramnya. Ia menduga komputernya telah diretas dan digunakan untuk melancarkan isu provokatif.

Beberapa hari kemudian, kepolisian menggelar jumpa pers dan mengatakan bahwa remaja tersebut mengalami masa sulit dalam hidupnya. Ibunya baru saja meninggal, putus dengan pacar dan ia adalah korban bully di sekolah.

"Kami beruntung hal ini cepat ditangani. Kami punya semua alasan untuk percaya bahwa remaja ini butuh pertolongan. Sejata-senjata itu ada di rumahnya. Mungkin pikirannya juga sudah mantap untuk melancarkan ancaman-ancaman tersebut," kata kepala kepolisian di Fresno, California, Jerry Dyer.

Di sisi lain, pengacara sang remaja menolak bahwa kliennya sedang depresi atau merupakan korban bully. Terkait pacarnya, pengacara mengatakan kliennya hanya berkomentar sedikit.

Hingga saat ini remaja tersebut masih dibui. Belum ada informasi terbaru terkait nasibnya yang bermula dari lirik "I'm Back".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com