Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemiripan Logo Baru Google dan Lenovo

Kompas.com - 07/09/2015, 14:16 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Google baru saja mengubah logonya, pekan lalu. Sebelumnya, Lenovo juga mendesain kembali logonya pada pertengahan tahun 2015.

Jika diperhatikan, kedua perusahaan teknologi tersebut menggunakan jenis huruf yang sama untuk logo barunya. Hal ini paling tampak pada huruf 'e' kedua logo.

Kemiringan huruf 'e' di dua logo perusahaan tersebut bisa dikatakan kembar identik. Memang, pada logo lama, kedua perusahaan juga memboyong huruf 'e' miring. Namun, sepintas pun dapat dilihat perbedaan antara logo Google dan Lenovo terdahulu.

Lalu, apakah Google dan Lenovo memang sengaja kali ini? Apakah ada indikasi lain di balik kesamaan tersebut?

Dilansir KompasTekno, Senin (7/9/2015) dari TheVerge, kesamaan logo kedua perusahaan dikatakan sebagai kebetulan belaka. Perancang huruf Tobias Frere-Jones mengatakan, kesamaan keduanya bisa dibilang sebagai bentuk sinergi visual kedua perusahaan yang sama-sama bergerak di industri teknologi.

Google mendesain ulang logonya untuk menyesuakan diri dengan tren teknologi yang mengarah ke penggunaan perangkat mobileMenurut Google, kalau dulu netizen menjelajah dunia online memakai PC, kini mereka sudah banyak beralih ke perangkat mobile, atau gadget lain, bisa berupa TV, arloji pintar, atau dashboard mobil.

Logo Google yang baru ini diharapkan bisa lebih sesuai untuk semua jenis perangkat, bahkan yang memiliki "layar terkecil" sekalipun. Tampaknya Lenovo dan Google "bersepakat" bahwa jenis huruf yang kini digunakan pada logo baru mereka akan lebih disukai para netizen era sekarang. 

Namun, Frere-Jones berharap kesamaan huruf 'e' yang digunakan Google dan Lenovo tak membuat perusahaan teknologi lainnya geger untuk turut menjadi sama. "Saya benar-benar berharap huruf 'e' ini tak jadi populer," katanya.

Tapi dua perusahaan besar sudah menggunakan logo dengan huruf itu. Bukan tak mungkin huruf tersebut bakal jadi andalan di kalangan para industri teknologi lainnya. Bayangkan jika kelak logo Facebook, Twitter, Instagram, Huawei dan Xiaomi punya logo serupa. Kita lihat saja nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com