Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OnePlus Tertarik Beli Pabrik Android HTC?

Kompas.com - 07/09/2015, 14:59 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Persaingan pasar smartphone telah mengantar HTC ke masa-masa tersulit. Vendor asal Taiwan itu sudah memberhentikan banyak pekerjanya dan menonaktifkan pabrik di Shanghai, China.

Keadaan ini tampaknya dipandang sebagai "kesempatan" bagi vendor lain. Setelah Xiaomi dan Qihoo 360, kini OnePlus dikabarkan punya niatan membeli pabrik HTC di Shanghai.

Hal ini terendus dari unggahan foto CEO OnePlus Liu Zuohu di akun Weibo-nya. Foto itu memperlihatkan Zuohu berpose di depan kantor pusat HTC di Taiwan.

Pada unggahannya yang bertepatan dengan hari kemenangan Tiongkok, Zuohu mengatakan sedang melakukan perjalanan bisnis ke Taipei, sebagaimana dilansir KompasTekno, Senin (7/9/2015) dari Gizmochina.

Menjadi masuk akal jika OnePlus sedang bernegosiasi ihwal pabrik HTC di Shanghai. Mengingat startup tersebut sedang berkembang untuk meningkatkan produktivitas, skala perusahaan dan ekspansi pasar.

Namun, isu ini belum bisa dikonfirmasi kebenarannya. Jika benar kedua perusahaan tengah bernegosiasi, agaknya sulit bagi OnePlus untuk bisa mendapat persetujuan HTC.

Diketahui, Xiaomi dan Qihoo 360 pun sudah ditolak oleh HTC ketika kedua pabrikan tersebut menawarkan pembelian pabrik di Shanghai. HTC masih optimis bisa bangkit kembali dari keterpurukannya.

Walau sikap HTC menunjukkan kokohnya prinsip perusahaan, beberapa analis pesimis optimisme masih bisa menyelamatkan produsen ponsel One M9 tersebut. "Bahkan menjual pabrik mungkin tak cukup untuk menyelamatkan HTC," kata seorang analis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com