Kompas.com - 08/09/2015, 11:01 WIB
Xiaomi Mi4 Palsu beredar di Indonesia Prasetyoh.wordpress.comXiaomi Mi4 Palsu beredar di Indonesia
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com — Kepopuleran Xiaomi sebagai produsen ponsel murah dengan spesifikasi di atas rata-rata ponsel sekelasnya membuat smartphone tersebut banyak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang ingin mencari keuntungan. Salah satunya adalah dengan membuat produk ponsel Xiaomi tiruan.

Kasus ini mengemuka setelah seorang bloger asal Surabaya bernama Prasetyo Herfianto menuliskan pengalamannya mendapatkan produk ponsel Xiaomi palsu. Posting-an tersebut bisa dibaca melalui tautan berikut ini.

Dalam posting-an blog yang dibuat Minggu (6/9/2015) lalu itu, dan dikutip KompasTekno, Prasetyo pada mulanya curiga dengan kualitas Mi4 yang baru saja dibeli saudaranya lewat sebuah situs marketplace lokal.

Ponsel Xiaomi Mi4 yang dibeli dengan harga Rp 750.000 lebih murah dari harga normal itu disebut Pras tidak beroperasi dengan baik meski menggunakan headset berkualitas.

Ia pun mencoba memperbarui sistem operasi dari MIUI 5 ke MIUI 6. Namun, ternyata perangkat tersebut tidak bisa di-upgrade sama sekali. Meski update melalui OTA (over the air), tetapi perangkat tetap menunjukkan MIUI 5.

"Lah piye (lha bagaimana ini). Stuck di MIUI5, dong?! Mulai yakin kalau ini replika," tulis Prasetyo.

Karena masih penasaran, ia pun mengecek spesifikasi Mi4i tersebut dengan aplikasi AnTuTu dan CPU-Z. Di situlah keanehan-keanehan ditemui, mulai dari spesifikasi lensa kamera yang tidak sesuai, sensor-sensor yang dipakai, serta logo prosesor Qualcomm yang menggunakan logo pabrikan grafis Nvidia.

Beruntung, penjual Mi4 di situs e-commerce tersebut masih bisa dihubungi oleh Prasetyo dan akhirnya barang dikembalikan dan uang pun kembali.

"Dia juga nggak tahu karena ini barang hadiah. Yah, kasihan juga, tetapi gimana lagi," tutur Prasetyo.

Prasetyo pun mengakui bahwa ponsel Mi4 tiruan itu memiliki kualitas tampilan mirip dengan aslinya. Jika tidak jeli saat membeli, seseorang bisa saja tertipu.

Untuk diketahui, Mi4 memang tidak (belum) dijual resmi di Indonesia oleh Xiaomi. Namun, smartphone unggulan Xiaomi tersebut banyak dijual di Indonesia salah satunya lewat toko-toko online.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.