Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Izinkan "Pemblokir Iklan" di iPad dan iPhone

Kompas.com - 08/09/2015, 12:17 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber BBC
KOMPAS.com - Apple akhirnya mengambil kebijakan mengizinkan pengguna iPhone dan iPad memblokir iklan di internet lewat browser Safari yang dipasangi dengan fitur AdBlock.

AdBlock adalah teknologi yang dipakai untuk mencegah iklan muncul di halaman web yang sedang dibuka, baik dalam perangkat mobile atau PC desktop.

Saat ini, teknologi tersebut banyak terdapat di browser-browser PC dalam bentuk plug-in, namun masih sedikit browser mobile yang mendukung AdBlock di smartphone atau tablet.

Kini, sistem operasi iOS 9 akan memungkinkan ekstensi blokir konten ditambahkan ke dalam Safari.

Dikutip KompasTekno dari BBC, Selasa (8/9/2015), add-on browser Safari di iOS 9 tersebut bisa diatur untuk menangkal beberapa cookies, foto, pop-up, dan konten tertentu lain agar tidak diunduh.

Sebelumnya, untuk bisa melakukan hal-hal tersebut di atas, perangkat iOS harus di-jailbreak terlebih dahulu, yang juga berisiko membuka pintu bagi malware untuk masuk.

Apple tidak akan membuat software penangkal iklan itu sendiri, melainkan pengguna bebas mengunduh ekstensi buatan pihak lain dari toko aplikasinya App Store dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com