Apple Izinkan "Pemblokir Iklan" di iPad dan iPhone

Kompas.com - 08/09/2015, 12:17 WIB
AdBlock Browser untuk Android. AdBlock PlusAdBlock Browser untuk Android.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Apple akhirnya mengambil kebijakan mengizinkan pengguna iPhone dan iPad memblokir iklan di internet lewat browser Safari yang dipasangi dengan fitur AdBlock.

AdBlock adalah teknologi yang dipakai untuk mencegah iklan muncul di halaman web yang sedang dibuka, baik dalam perangkat mobile atau PC desktop.

Saat ini, teknologi tersebut banyak terdapat di browser-browser PC dalam bentuk plug-in, namun masih sedikit browser mobile yang mendukung AdBlock di smartphone atau tablet.

Kini, sistem operasi iOS 9 akan memungkinkan ekstensi blokir konten ditambahkan ke dalam Safari.

Dikutip KompasTekno dari BBC, Selasa (8/9/2015), add-on browser Safari di iOS 9 tersebut bisa diatur untuk menangkal beberapa cookies, foto, pop-up, dan konten tertentu lain agar tidak diunduh.

Sebelumnya, untuk bisa melakukan hal-hal tersebut di atas, perangkat iOS harus di-jailbreak terlebih dahulu, yang juga berisiko membuka pintu bagi malware untuk masuk.

Apple tidak akan membuat software penangkal iklan itu sendiri, melainkan pengguna bebas mengunduh ekstensi buatan pihak lain dari toko aplikasinya App Store dalam waktu dekat.



Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X