Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/09/2015, 07:31 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - AdBlock sudah lama jadi penyelamat bagi orang-orang yang ogah diserbu oleh berbagai jenis iklan di web. Saking efektif dan banyaknya pemakai aplikasi tersebut, sampai membuat Google kesal dan melakukan serangan balasan.

Ya, Google membalasnya melalui YouTube. Caranya adalah menipu aplikasi AdBlocker supaya menganggap tanda Skip sebagai iklan dan otomatis menyembunyikannya.

YouTube sendiri kini memperlakukan video iklan sebagai bagian dari video mereka. Hampir setiap video yang diputar akan lebih dulu memperlihatkan tayangan iklan selama beberapa menit.

Akibat trik dari Google itu, pengguna aplikasi AdBlock tidak akan bisa melakukan skip sama sekali dan dipaksa menonton iklan sampai habis. Pengguna aplikasi pemblokir iklan selain AdBlock pun akan mendapatkan efek serupa ketika mencoba membuka YouTube.

Seperti dilansir KompasTekno dari Android Authority, Selasa (8/9/2015), data dari Pagefair Studies menunjukkan bahwa pada 2014 aplikasi pemblokir iklan itu telah digunakan oleh sekitar 144 juta orang.

Jumlah tersebut sebenarnya hanya 5 persen dari total populasi pengguna internet di dunia. Kendati demikian proporsi tersebut bukan hal yang remeh bagi perusahaan iklan.

Rata-rata pengguna AdBlock berlokasi di pasar yang menghasilkan banyak keuntungan. Contohnya di Amerika Serikat saja, ada sekitar 27,6 persen orang yang mengaku memakai aplikasi tersebut.

Dengan demikian bisa dikatakan bahwa lebih dari seperempat potensi pendapatan online berbasis iklan telah hilang. Selain perusahaan iklan, Google tentu saja termasuk yang dirugikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.