Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Perkenalkan iPad Pro dengan Layar 12,9 Inci

Kompas.com - 10/09/2015, 00:41 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Sesuai perkiraan sebelumnya, dalam sebuah acara tanggal 9 September yang digelar di San Francisco, Apple turut memperkenalkan sebuah perangkat iPad dengan ukuran layar “jumbo”.

Sebagaimana pantauan Kompas Tekno dari siaran live streaming Apple, Kamis (10/9/2015) dini hari, tablet bernama iPad Pro itu memiliki bentang layar 12,9 inci, juga lebih besar dibandingkan dua saudaranya, iPad Air (9,7 inci) dan iPad Mini (7,8 inci).

“Kenapa membuat layarnya lebih besar?” tanya Senior Vice President Worldwide Marketing Apple Phil Schiler saat berbicara di Bill Graham Civic Auditorium, seolah sudah mengantisipasi pertanyaan yang menggantung di benak hadirin.

“Ia bisa melakukan hal-hal yang tak bisa dilakukan smartphone karena tak harus muat di kantong. Ia juga bisa melakukan hal-hal yang tak bisa dilakukan laptop karena Anda akan membawanya sepanjang hari,” lanjut Schiller.

Ukuran layar jumbo milik iPad Pro datang dengan resolusi yang sangat tinggi pula. Jumlah pixel di layarnya mencapai 5,6 juta, lebih tinggi dari MacBook Pro with Retina Display sekalipun.

Meski secara diagonal lebih panjang, ukuran lebar iPad Pro sama dengan iPad Air sehingga penggunanya bisa memakai perangkat ini dalam orientasi landscape dan menjalankan aplikasi dengan ruang lebih luas, seolah memakai dua iPad Air dalam satu kemasan.

Di dalamnya, iPad Pro dimotori chip 64-bit terbaru Apple A9X yang dijanjikan dua kali lebih kencang dibandingkan prosesor terdahulu, yakni A8X pada iPad Air 2. Kemampuan olah grafis A9X pun disebut Schiller setara dengan konsol game.

Kemampuan lainnya mencakup empat buah speaker dan daya tahan baterai selama 10 jam.

Apple juga menyediakan aksesori tambahan untuk iPad Pro berupa keyboard yang akan mengubahnya jadi serupa tablet Surface Pro bikinan Microsoft. Ada juga perangkat stylus bernama Apple Pencil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com