Kompas.com - 10/09/2015, 14:31 WIB
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bulan ini, fitur beriklan di Instagram, "Instagram Ads" telah diluncurkan di beberapa negara. Antara lain Indonesia, Italia, Spanyol, Meksiko, India dan Korea Selatan.

Pada 30 September 2015, fitur tersebut akan diboyong ke seluruh belahan dunia. Sebelumnya, Instagram Ads sudah hadir di Amerika Serikat dan beberapa negara tertentu sejak 2012. 

Bisnis-bisnis yang disasar lewat Instagram Ads antara lain e-commerce, travel, hiburan dan retail. Dengan mengandalkan konten visual, Instagram mengklaim pengiklan akan mudah menyasar segmen pasar yang dibidik.

"Orang mengakses Instagram untuk mendapatkan inspirasi visual. Maka iklan di Instagram pun dibuat dengan kekuatan untuk menyentuh, menginspirasi dan menggerakkan perasaan orang," begitu tertera pada rilis pers Instagram yang diterima KompasTekno, Rabu (9/9/2015).

Instagram mengklaim fitur iklannya telah meningkatkan 97 persen perhatian (awareness) masyarakat terhadap suatu merek. "Dengan tambahan format baru, kami juga mulai melihat para pemasar mampu mencapai tujuannya, dari website clicks hingga pengunduhan aplikasi," kata pihak Instagram.

Beberapa format tambahan yang dimaksud antara lain foto dan video landscape untuk membuka peluang kreatif baru dan membuat iklan menjadi lebih sinematik. Ada pula video berdurasi 30 detik khusus untuk pengiklan. Diketahui, fitur video untuk pengguna umum dibatasi 15 detik.

Selain itu, Instagram Ads juga menghadirkan fitur untuk menggulir beberapa gambar sekaligus dalam satu unggahan. Konsumer bisa melihat beberapa iklan visual hanya dengan menggulir gambar ke kanan untuk satu kali pengunggahan dari pengiklan.

Beberapa merek lokal yang telah bergabung dalam Instagram Ads adalah Lazada, Traveloka, Unilever, Zalora, AirAsia, Indosat, dan Intel APAC.

"Instagram merupakan alat pemasaran yang kuat dan cost-effective, memberikan platform yang tepat untuk berbagi berbagai tujuan perjalanan indah yang ditawarkan AirAsia secara visual berikut produk serta pelayanan yang kami miliki," kata Commercial Director AirAsia Indonesia, Marco D Ambas.

Ke depan, Instagram Ads akan meningkatkan sistem feedback yang memungkinkan pengiklan dan konsumer berkomunikasi lebih mudah dan cepat. Pengawasan efektivitas iklan bagi pengiklan juga dikatakan akan ditingkatkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.