Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baidu Luncurkan Duer, Pesaing Siri dan Cortana

Kompas.com - 11/09/2015, 15:18 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Setelah Siri, Cortana, Google Now, dan Facebook M, kini hadir asisten virtual teranyar bertajuk "Duer". Bungsu dari jejeran Artificial Intelligence (AI) tersebut diboyong perusahaan teknologi China, Baidu.

Duer sendiri merupakan singkatan dari "Du Secretary" atau sekretaris Baidu. Google-nya China tersebut telah menanamkan Duer ke aplikasi pencarinya yang terdapat pada jutaan smartphone di China.

Seperti asisten virtual lain, Duer memungkinkan penggunanya memesan makanan dan mengakses layanan lainnya melalui aplikasi terintegrasi. Antara lain Maps dan Nuomi yang juga dikembangkan Baidu.

Saat ini, Baidu juga masih mengembangkan sistem kontrol suara untuk menunjang proyek Internet of Things (IoT).

Nanti, Duer akan dijadikan alat kontrol untuk smarthome. Asisten virtual tersebut akan menyatu dengan perangkat-perangkat pintar buatan Baidu lainnya yang bergerak lintas sektor.

Misalnya pada sektor kesehatan, perkantoran dan transportasi. Diketahui, Baidu juga tengah bermitra dengan perusahaan otomotif kawakan BMW, dalam mengembangkan mobil tanpa awak (self-driving car).

Dengan pengembangan dan rencana-rencana Baidu, tampaknya perusahaan-perusahaan teknologi Amerika pantas was-was. Pasalnya, perusahaan teknologi China, seperti Baidu dan Xiaomi nyatanya bisa mengakomodir kebutuhan seluruh masyarakatnya tanpa bergantung pada negara Paman Sam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com