Kompas.com - 12/09/2015, 10:09 WIB
Stiker Uber di jendela belakang salah satu mobil sewaan oik yusuf/ kompas.comStiker Uber di jendela belakang salah satu mobil sewaan
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Uber kembali menegaskan bahwa pihaknya tidak mengambil uang pengemudinya sepeserpun. Dan dengan demikian, menurut mereka, pajak transaksi tersebut mestinya sudah diurus oleh pengemudi atau perusahaan rental yang bekerja sama.

"Di Indonesia kami menjamin uang yang dibayarkan pengguna 100 persen untuk pengemudi. Tak ada uang yang masuk ke Uber sama sekali, kalau begitu apakah Anda pikir kami mesti membayar pajak?" tanya Karun saat ditemui KompasTekno di Ritz Carlton, Jakarta, Jumat (11/9/2015).

"Setiap transaksi memiliki rekaman elektronik. Misalnya dia seorang pengemudi, saya Uber. Dia mendapat uang 100 persen, tapi saya tidak mengambil uang sama sekali, jadi siapa yang membayar pajak?" imbuhnya.

Di belahan dunia lain, uber menerapkan pembagian hasil dengan proporsi 80 persen untuk pengemudi, 20 persen untuk Uber. Namun kasus Indonesia berbeda, sehingga mereka menerapkan 100 persen untuk pengemudi dan menganggapnya sebagai investasi.

Sedangkan untuk beroperasi di Indonesia, Uber menggunakan suntikan dana yang diperoleh dari para investor.

Tentu saja, lanjut Karun, skema tersebut hanya diberlakukan dalam rentang waktu pendek untuk memperkuat eksistensinya. Suatu saat nanti, ketika bisnis sudah tumbuh semakin besar, mereka akan mulai mengambil keuntungan.

"Kami selalu menjaga bahwa saat sudah waktunya, yaitu ketika sudah ada pemasukan, kami akan bayar semua pajak lokal yang diterapkan," pungkas Karun.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.