"Hey Siri" dan "Live Photos" Dikritik, Apa Tanggapan Apple?

Kompas.com - 14/09/2015, 10:03 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Dua fitur yang dibenamkan Apple pada lini ponsel teranyarnya adalah "Live Photos" dan "Hey Siri". Keduanya merupakan fitur canggih, namun masih mengundang tanya terkait perlindungan privasi pengguna.

"Live Photos" merupakan fitur yang bisa membuat video otomatis dari kolaborasi jepretan foto pengguna pada satu waktu. Beberapa orang khawatir, fitur tersebut memungkinkan kamera untuk selalu mengamati pengguna.

Hal tersebut telah diklarifikasi Apple. Menurut pabrikan Cupertino tersebut, Live Photos tak akan menyimpan dan mengkoleksi foto sebelum pengguna membidik foto. Lagipula, pengguna bisa memilih untuk menonaktifkan fitur Live Photos.

Hal lain yang dikhawatirkan adalah kemampuan Hey Siri. Fitur ini, sama halnya dengan Google Now, memungkinkan pengguna memerintahkan asisten virtual menggunakan suara.

Artinya, apapun yang dikatakan pengguna bisa direkam oleh Hey Siri. Inipun ditampik Apple.

"Perangkat tak akan merekam suara pengguna untuk menjalankan fungsi sebelum pengguna memicu Hey Siri untuk melakukan sesuatu," kata Apple sebagaimana dilaporkan DigitalTrends dan dihimpun KompasTekno, Minggu (13/9/2015).

Tak akan ada audio yang dikirim ke cloud Apple untuk menjalankan perintah sebelum perangkat mengidentifikasi perintah dengan panggilan "Hey Siri".

Maka, video dan audio yang dihimpun melalui Live Photos dan Hey Siri sifatnya temporer. Yakni jika pengguna menghendaki hal tersebut dilakukan perangkat.

Apple selalu mengklaim bahwa perusahaannya sangat melindungi privasi pengguna. Menurutnya, salah satu keunggulan dan fokus iOS adalah menjamin "rahasia" pengguna tetap terjaga dan tak terserak di dalam sistem.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.