Asisten Pribadi Microsoft Bakal "Hidup" di Android Oprekan

Kompas.com - 14/09/2015, 14:02 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Asisten pribadi digital nampaknya akan menjadi fitur wajib setiap ponsel masa kini. Setelah iPhone dengan Siri, Google Android dengan Google Now, Microsoft pun meluncurkan Cortana untuk Windows 10.

Namun rupanya Cortana tidak akan hanya "hidup" di platform Windows saja, pasalnya pengoprek ROM Android, Cyanogen juga ingin menggunakan jasanya.

CEO Cyanogen Kirk McMaster mengatakan kini pihaknya tengah bekerja sama dengan Microsoft untuk mengintegrasikan Cortana dalam tingkatan sistem operasi, bukan sekadar aplikasinya saja.

McMaster yakin Cortana akan menjadi keunggulan untuk mengalahkan Android, karena memiliki level integrasi yang berbeda dari Google Now yang kini ada di smartphone-smartphone Android.

Dikutip KompasTekno dari SlashGear, Senin(14/9/2015), Cyanogen selama ini memang gencar mengkampanyekan agar vendor smartphone dunia tidak terlalu bergantung kepada OS Android dengan lisensi Google.

Cyanogen sendiri selama ini dikenal sebagai pembuat custom ROM untuk smartphone-smartphone Android yang telah dioptimalkan, sehingga diklaim bisa berjalan lebih kencang dan hemat baterai.

Core Android yang merupakan sistem operasi open source dikatakan McMaster akan memudahkan Cyanogen untuk mengintegrasikan Cortana ke dalam sistem operasi Cyanogen OS.

Jika Cyanogen berhasil melakukannya tanpa hambatan serius, maka bisa jadi mereka dilirik untuk bekerja sama dengan pabrikan pembuat smartphone.

Microsoft sendiri juga telah mengatakan niatnya ingin membawa Cortana ke Android, namun baru sebatas aplikasi tambahan saja, seperti aplikasi asisten pintar bersuara lainnya.

Microsoft tidak mau berbicara tentang rumor ini, namun juga tidak membantahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber SlashGear

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.