Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2016, Berburu Pokemon Bisa di Dunia Nyata

Kompas.com - 14/09/2015, 20:02 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Pokemon Company, bekerjasama dengan Nintendo dan Niantic--sebuah perusahaan spin off Google--, mengumumkan game mobile terbarunya. Game yang akan tersedia secara gratis di iOS dan Android pada tahun 2016 itu diberi nama Pokemon Go.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Wall Street Journal, Senin (14/9/2015), game mobile tersebut memungkinkan pemainnya untuk menemukan Pokemon secara virtual dan melakukan pertarungan di dunia nyata, dengan memanfaatkan GPS.

Gameplay game Pokemon Go, baik cara menemukan Pokemon dan bertarung dengan pemain lain, dikatakan mirip dengan game Ingress, yang dirilis oleh Niantic pada tahun 2012 lalu.

Sekadar informasi, dalam dunia Pokemon, pemain diharuskan untuk menangkap monster dan melatihnya untuk bertarung dengan monster lain.

Pokemon Company sayangnya belum terlalu banyak membeberkan permainan seperti apa yang akan ditampilkan di Pokemon Go nantinya. Perusahaan tersebut hanya membeberkan bahwa aplikasi ini memanfaatkan teknologi melacak lokasi untuk mencari pemain atau Pokemon.

Pokemon Company Pokemon Go Plus

Selain itu, Nintendo juga bekerja dengan Pokemon Company untuk menggarap sebuah perangkat berbasis Bluetooth bernama Pokemon Go Plus. Perangkat berbentuk Poke Ball ini--bola tempat menyimpan monster Pokemon--akan bergetar dan menyala saat pemain mendekati Pokemon.

Perangkat ini sendiri dikatakan tidak merupakan suatu keharusan dalam permainan. Akan tetapi, ia bisa mempermudah pemain dalam bermain game tersebut. Hingga saat ini, harga dari gadget tersebut belum dibeberkan.

Pokemon sendiri hadir untuk pertama kalinya dalam bentuk game di tahun 1996 lalu. Ia bisa dimainkan di handheld milik Nintendo, Game Boy. Dua monster Pokemon yang paling terkenal adalah Pikachu dan Mewtwo.

Sukses hadir di platform tersebut, Pokemon Company mengembangkannya lagi ke bentuk lain, seperti film animasi, permainan kartu, mainan fisik, hingga buku.

Simak video berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut perihal Pokemon Go.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com