Kompas.com - 15/09/2015, 13:28 WIB
Ilustrasi. ShanghaiistIlustrasi.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Adakalanya saat sedang menelepon rekan, tiba-tiba koneksi putus. Setelah dicek, ternyata sinyal operator yang digunakan melemah.

Bila hal seperti ini terjadi, ce kekuatan sinyal telepon di sekeliling. Salah satunya dengan cara melihat bar sinyal. Namun, bar sinyal hanya sekadar salah satu indikator saja dan tidak mutlak benar. Pasalnya, hingga saat ini tak ada standar yang mengatur soal jumlah bar sinyal sebuah ponsel.

Artinya bisa saja sinyal dua bar di ponsel merek A ternyata lebih kuat dibandingkan dengan sinyal dua bar di ponsel merek B.

Ada cara lain untuk mengecek kekuatan sinyal tersebut. Bila menggunakan Android, cukup masuk ke dalam Setting, About lalu klik Network. Selanjutnya kekuatan sinyal akan ditunjukkan dalam satuan decibel miliwatts (dBm).

Bila menggunakan iPhone, berdasarkan pengalaman KompasTekno, Selasa (8/9/2015), cobalah untuk menekan *3001#12345# pada dial pad. Kamu akan dibawa masuk ke menu Field Test dan bar sinyal akan berubah menjadi satuan dBm.

Sinyal pada -100 dBm menandakan kamu mendapatkan sinyal kualitas terburuk. Sedangkan angka -70 dBm menandakan kualitas sinyalmu sudah baik.

Nah, setelah punya akses untuk mengecek kekuatan sinyal, cobalah beberapa langkah berikut ini untuk memperkuat sinyal yang kamu dapatkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Buat peta sinyal

Seandainya Anda sedang berada di dalam rumah, buatlah sebuah denah rumah dalam bentuk sederhana. Nyalakan mode field test atau masuk ke Setting untuk melihat indikator kekuatan sinyal.

Selanjutnya berjalanlah dari satu titik ke titik di dalam rumah untuk mengetahui berapa kekuatan sinyal yang kamu dapatkan di sana. Tandai setiap titik di peta.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.