Kompas.com - 15/09/2015, 15:33 WIB
(ki-ka) Chief Brand & Customer Experience Officer XL, Nicanor V. Santiago III, Sr. Vice President Brand Management XL, Mediko Azwar , Vice President XL Region Jabodetabek, Titus Dondi dan General Manager Data Packets XL, Roy Wisnhu Wibowo XL Axiata(ki-ka) Chief Brand & Customer Experience Officer XL, Nicanor V. Santiago III, Sr. Vice President Brand Management XL, Mediko Azwar , Vice President XL Region Jabodetabek, Titus Dondi dan General Manager Data Packets XL, Roy Wisnhu Wibowo
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - PT XL Axiata Tbk. (XL) bersiap untuk membuka layanan 4G LTE komersil di frekuensi 1.800 MHz. Rencananya pada Oktober mendatang internet cepat itu akan mulai bisa diakses oleh pengguna di Surabaya dan Bali.

"Oktober nanti (4G LTE) di Surabaya dan Denpasar rencananya akan kami nyalakan. Berikutnya, November, giliran Jakarta dan Bandung," ujar General Manager Data Packet XL, Roy Wisnhu Wibowo saat ditemui usai pelucuran Paket Tabungan Kuota 4G di Xplor Senayan City, Senin (14/9/2015).

Penataan frekuensi 1800 MHz untuk 4G LTE sendiri dijadwalkan selesai pada November mendatang. Namun pemerintah sebelumnya sudah membolehkan operator untuk langsung menggelar komersialisasi di wilayah yang lebih dulu selesai di tata.

Saat ini, XL sendiri baru mengomersilkan layanan 4G LTE frekuensi 1.800 MHz di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sementara itu 4G LTE kota lain, seperti Yogyakarta dan Medan, menggunakan frekuensi 900 MHz.

Kendati demikian, Roy mengatakan, sudah cukup banyak pengguna yang mengaktifkan paket 4G LTE mereka. Jumlahnya sekitar 1,2 juta hingga 1,3 juta orang dan tersebar antara Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Bogor, Lombok, dan Medan.

Sementara itu jumlah pengguna yang terdeteksi mengakses jaringan mereka melalui gadget 4G LTE ada sebanyak 3 juta orang. XL pun mengeluarkan paket-paket agar para pengguna itu mau mencoba paket internet cepat tersebut.

Salah satunya adalah Paket Tabungan Kuota 4G LTE yang baru mereka luncurkan. Dengan paket tersebut, ketika pengguna membeli paket HotRod mulai dari harga Rp 60.000 akan mendapatkan bonus kuota 4G LTE yang bisa dipakai saat jaringan tersebut sudah aktif nanti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami harapkan akhir tahun ini bisa mencapai 4,5 juta pelanggan 4G LTE dari 8 kota yang sudah komersil, dan akhir 2016 sudah mendapat 10 juta pelanggan dari rencana komersialisasi di 30 kota," pungkasnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.