Kompas.com - 18/09/2015, 09:03 WIB
CEO Apple Tim Cook berbicara dalam acara yang diselenggarakan Apple di Flint Center for the Performing Arts, di Cupertino, California, Amerika Serikat, Selasa (9/9/2014). Pada acara itu Apple meluncurkan Apple Watch dan dua iPhone terbaru, iPhone 6 dan iPhone 6 plus. GETTY IMAGES / AFP PHOTO / JUSTIN SULLIVANCEO Apple Tim Cook berbicara dalam acara yang diselenggarakan Apple di Flint Center for the Performing Arts, di Cupertino, California, Amerika Serikat, Selasa (9/9/2014). Pada acara itu Apple meluncurkan Apple Watch dan dua iPhone terbaru, iPhone 6 dan iPhone 6 plus.
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - CEO Apple Tim Cook menyatakan diri sebagai seorang gay pada 2014. Sejak saat itu, Cook aktif terlibat dalam gerakan membela hak kaum LGBT.

Kemarin, Selasa (16/9/2015) Cook menjadi bintang tamu dalam "The Late Show". Pada kesempatan itu Cook mengakui bahwa menyatakan orientasi seksualnya kepada publik adalah hal yang berat.

Namun Cook merasa punya kewajiban untuk membagi kehidupan personalnya kepada khalayak. Sebab ia melihat dan mendengar banyaknya cemooh dan cercaan yang dilayangkan masyarakat terhadap kaumnya.

Cook ingin mengatakan kepada seluruh dunia bahwa eksekutif top di perusahaan paling bernilai di dunia adalah seorang gay.

"Anak-anak dihina dan didiskriminasi di sekolah. Bahkan orang tua mereka menutupi identitas anaknya sebagai seorang gay. Saya merasa perlu melakukan sesuatu," kata dia pada wawancara bersama Stephen Colbert, sebagaimana dilaporkan Mashable dan dihimpun KompasTekno, Rabu (17/9/2015).

Diketahui, pengakuan Cook menghebohkan dunia bisnis. Sebab ia satu-satunya CEO yang secara terang-terangan mengaku gay di antara banyak pimpinan perusahaan kenamaan lainnya.

Walau, orientasi seksual Cook sudah bukan rahasia di kalangan internal Apple. "Banyak orang yang sebelumnya sudah tahu. Tapi saya ingin lebih banyak orang tahu," kata Cook.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain berbicara tentang kehidupan personalnya, Cook juga mengelaborasi fitur-fitur yang tersemat pada iPhone teranyar.

Ia juga sempat mengemukakan kekecewaannya terhadap tren pembuatan film Steve Jobs. Menurutnya hal tersebut mulai dijadikan celah bagi para oportunis untuk menjadikan kehidupan Jobs sebagai komoditas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Mashable

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.