Kompas.com - 19/09/2015, 07:12 WIB
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Dewasa ini eksis melalui video di media sosial semakin diminati banyak kalangan. Mulai dari pelajar, mahasiswa, pegawai hingga selebriti pun turut mengunggah video aktivitasnya dan perlahan menjadi tren baru eksis di dunia virtual.

Hal tersebut menunjukkan adanya perubahan bahasa visual dalam aktivitas sehari-hari. Perubahan ini tentu melibatkan bahasa yang lebih universal dalam bentuk visual, baik itu berupa foto, stiker maupun video.

Sebenarnya, konten video dalam suatu layanan internet bukanlah hal baru. Sejak hadirnya YouTube pada 2007, konten ini cukup populer di kalangan netizen untuk mengunggah berbagai aktivitasnya.

Berdasarkan data Cisco System pada 2015, keseluruhan penggunaan video di perangkat mobile terus meningkat sejak periode tahun 2013 hingga 2018. Dengan begitu, adanya peningkatan tersebut mempengaruhi bertambahnya minat pengguna media sosial terhadap konten video.

Namun, jika Anda ingin membuat video populer ataupun berupa tips perjalanan sebelum di posting ada baiknya perhatikan ini.

Konsep video

Konsep menjadi peranan penting ketika Anda ingin membuat suatu video populer. Sebaiknya Anda lakukan riset sebelum membuat, karena jika video tersebut belum ada yang memiliki maka bisa jadi Anda akan populer di kalangan para netizen.

Hal itu bisa dilihat pada video dubmash yang kini banyak digunakan oleh para netizen di akun instagramnya. Awalnya aplikasi tersebut diluncurkan pada November 2014 lalu dan telah menarik minat sepuluh juta pengguna untuk mengunduhnya di seluruh dunia. 

Thinkstock Durasi akan menentukan menariknya konsep video yang akan di share
Durasi video

Lamanya waktu rekam pada video bisa menjadi kunci seberapa kreatif membuatnya. Jika terlalu lama durasinya juga tidak terlalu baik. Begitu pun sebaliknya, jika terlalu pendek durasinya akan terasa sia-sia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.