Prosesor Baru Intel Hadir Perdana di AxiooPicophone i1

Kompas.com - 19/09/2015, 07:24 WIB
Axioo Picophone i1 AxiooAxioo Picophone i1
Penulis Deliusno
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Axioo resmi merilis smartphone berbasis Android terbarunya, Picophone i1. Perangkat tersebut diklaim sebagai smartphone pertama di Indonesia yang menggunakan prosesor Intel Atom X3 atau biasa dikenal dengan nama Sofia.

Axioo mengungkapkan alasan di balik penggunaan prosesor tersebut. Menurut pihak pembuatnya, prosesor ini mampu mengombinasikan Intel Atom multi-core 64-bit yang 2 kali lebih cepat dibanding kebanyakan prosesor dengan komputasi 32-bit dalam menjalankan aplikasi.

Selain itu, chip tersebut dikatakan lebih ringkas karena tertanam berbagai komponen sekaligus, seperti chipset A-Gold 620 yang mengatur WiFi, Bluetooth, GPS, dan audio.

“Axioo i1 secara teknis sangat maju terutama dengan fakta bahwa Axioo adalah yang pertama menggunakan chipset Intel yang memang dirancang untuk keperluan smartphone," ujar Antonious Tjokro, Managing Director Axioo, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (18/9/2015).

"Sebelumnya chipset Intel yang digunakan di smartphone merek lain adalah chipset PC yang di 'paksa' untuk beroperasi di smartphone sehingga sering menghasilkan panas yang berlebih dan penggunaan baterai yang lebih boros," tambahnya.

Axioo Picophone i1 dilengkapi dengan layar 5 inci yang mampu mendukung resolusi 1.280 x 720 piksel.

Secara mendetail, prosesor yang digunakan bernama Intel CPU 729 1,04 GHz dual-core. Sementara, GPU yang digunakan adalah Mali-400MP.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, perangkat ini dibekali dengan RAM 1 GB dan media penyimpanan internal berkapasitas 8 GB. Pengguna bisa menambah kapasitas tersebut dengan menggunakan kartu microSD hingga 32 GB. Baterainya sendiri sebesar 2.100 mAh.

Dari segi kamera, di bagian belakang terdapat kamera 8 megapiksel dengan kemampuan autofokus. Sedangkan, di bagian depan terdapat kamera 5 megapiksel.

Axioo Picophone i1 mengusung Android KitKat 4.4.4 sebagai permulaan. Namun tidak perlu kuatir karena Axioo bakal menyediakan pembaruan ke Android 5.1 Lollipop.

Sayangnya, belum diketahui berapa banderol harga perangkat ini.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.