Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diperbarui, Microsoft Dynamics CRM Jadi Lebih Mudah Dipakai

Kompas.com - 19/09/2015, 14:07 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Microsoft memperkenalkan update terbaru untuk Dynamics CRM, paket software bisnis customer relationship management yang berfokus pada sektor penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan.

Update tersebut dilakukan Microsoft untuk memberikan pengalaman aplikasi bisnis modern yang lebih memuaskan dengan menggiring konsumen enterprise pemakai Dynamics untuk beralih ke layanan cloud computing.

Terbukti dengan beberapa fitur baru yang diperkenalkan Microsoft dalam Dynamics antara lain adalah Office 365, Microsoft Dynamics Marketing, Social Engagement, dan sebagainya.

Dengan mengintegrasikan beragam solusi layanan tersebut, Microsoft berharap bisa memberikan pengalaman penggunaan yang lebih mudah, sehingga bisa meningkatkan produktivitas karyawan.

"Dari pengalaman sebelumnya, CRM tidak disukai karena terkadang mengharuskan karyawan keluar dari aplikasi untuk mengakses data lain, lalu kembali lagi," terang Haresh Khnoobchandani, General Manager Microsoft Dynamics, Microsoft APAC.

"Proses seperti itu bahkan membutuhkan waktu lama," ujar Haresh di depan sejumlah jurnalis yang hadir di Singapura, Jumat (18/7/2015) termasuk KompasTekno.

Kini, dengan integrasi aplikasi Office 365, karyawan bisa membuka file Word, Excel, atau PowerPoint langsung dari Dynamics CRM. Tak hanya itu, karyawan bahkan bisa mengakses data dari software business intelligence Microsoft, Power BI.

Secara garis besar, beberapa fitur baru yang dikenalkan Microsoft dalam Dynamics CRM adalah integrasi dengan aplikasi Office 365 seperti Word, Excel, dan Outlook, fitur document-sharing berbasis cloud seperti SharePoint dan OneDrive, serta integrasi dengan asisten digital Cortana jika menjalankan Windows 10.

Update untuk Dynamics CRM ini akan tersedia pada akhir 2016. Pelanggan CRM Online akan mendapatkan update tersebut lebih dahulu, baru kemudian pelanggan on premise.

Lintas platform

Selain menggiring pelanggan untuk mengadopsi layanan cloud Microsoft, Dynamics CRM juga akan menyasar pengguna di luar ekosistem Windows.

Hal ini sejalan dengan visi CEO Microsoft, Satya Nadella akan layanan mobile-first, cloud-first, dan cross-platform.

Dengan demikian, ke depannya Microsoft akan mengembangkan software -termasuk software bisnis Dynamics CRM- agar bisa diakses oleh pengguna iOS dan Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com